Perbedaan Antara Udon dan Soba

Udon dan Soba adalah mie khas Jepang. Kedua jenis mie ini telah menjadi bagian dari menu sehari-hari dan gaya hidup masyarakat Jepang. Baik Udon maupun Soba, keduanya adalah mie yang sangat lezat dan disajikan secara panas dan dingin. Semua orang yang pernah mencicipinya menyadari bahwa dua mie ini memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Pertama-tama, perbedaan dapat dilihat dari tepung yang digunakan untuk mempersiapkan Udon dan soba. Mie udon terbuat dari tepung putih. Sedangkan mie soba terbuat dari gandum. Hanya dari bahan pembuatnya saja sdah nampak perbedaannya sebagai mie.


Perbedaan lain yang bisa dilihat antara mie udon dan mie soba adalah ketebalannya. Udon adalah mie yang tebal, soba adalah mie tipis dan lembut. Mie soba lebih kenyal dan memiliki tekstur nuttier, tidak seperti mie Udon. Jika membandingkan warna, mie Udon memiliki warna putih. Sedangkan mie soba berwarna abu-abu atau coklat.


Kedua jenis mie ini '"udon dan soba'" memiliki asal-usul yang berbeda. Mie udon mengacu pada pendeta Buddha Kukai. Dikatakan bahwa Kukai yang telah melakukan perjalanan ke Cina pada abad kesembilan telah membawa pulang pengetahuan tentang Udon ke desanya. Dia memperkenalkan sup ini pada tetangganya di wilayah Sanuki.

Mie soba dianggap mie tradisional Tokyoites. Tradisi mengonsumsi soba mie ditelusuri hingga periode Edo. Masyarakat Edo (Tokyo), yang dianggap lebih kaya daripada yang lain mulai menggunakan jenis mie tertentu.

Popularitas mie soba dan udon populer di suatu daerah tertentu, dan tidak populer di daerah yang lain. Di beberapa daerah, Udon digunakan secara luas dan di daerah-daerah lainnya, mie soba lebih diunggulkan. Mie soba banyak disajikan pada malam tahun baru, dan ini merupakan tradisi di jepang yang mengutamakan mie soba tiap pergantian tahun.

Ringkasan
  • Udon adalah mie yang terbuat dari tepung putih, sedangkan mie soba terbuat dari gandum.
  • Udon disajikan sebagai mie tebal, sedangkan soba adalah mie yang tipis dan lembut.
  • Udon berwarna putih, sedangkan mie soba berwarna abu-abu atau coklat.
  • Mie soba banyak disajikan dan lebih diutamakan selama malam Tahun Baru.
  • Mie udon dibawa oleh pendeta Buddha Kukai dari Cina.
  • Tradisi mengonsumsi mie soba ditelusuri hingga periode Edo.

1 komentar: