Perbedaan Antara Ginseng dan Ginkgo biloba

Ginseng dan ginkgo biloba adalah obat yang bernilai tinggi dan telah digunakan selama berabad-abad sebagai ramuan kesehatan. Meskipun dua jenis herbal ini - Ginseng dan ginkgo biloba memiliki banyak kesamaan dalam banyak aspek, namun keduanya juga memiliki banyak perbedaan.

Perbedaan pertama yang bisa anda perhatikan berkaitan dengan ekstraknya. Ginseng dan ginkgo biloba diekstrak dari bagian yang berbeda. Ekstrak Ginseng berasal dari akar, sedangkan ekstrak ginkgo biloba berasal dari daun dan biji.

Perbedaan lain berkaitan dengan komponen aktif yang terdapat pada keduanya. Ginsenosides dan panaxans adalah komponen kimia yang terdapat dalam Ginseng. Sedangkan Ginkgo biloba mengandung flavonoid dan terpenopids.


Ginseng dan ginkgo biloba telah secara luas digunakan untuk pengobatan stres mental dan juga meningkatkan kemampuan memori. Meskipun dua herbal ini sama-sama dapat meningkatkan kondisi kesehatan mental, cara kerja keduanya berbeda. Ginkgo biloba membantu dalam meningkatkan aliran darah ke otak. Sedangkan Ginseng dikenal dapat mengaktifkan produksi Adrenocorticotropic Hormone (ACTH).


Jika membahas efek samping dari Ginseng dan ginkgo biloba, maka kita akan mendapati perbedaan yang besar. Ginseng tidak terlalu banyak menimbulkan efek samping, tetapi ginkgo biloba diketahui dapat menyebabkan efek samping tertentu dalam tubuh. Ginseng merupakan adaptogen, yang berarti dapat membantu dalam memulihkan kesehatan tubuh tanpa efek samping bahkan jika dosis yang dikonsumsi melebihi ketentuan yang ditetapkan. Sebaliknya, ginkgo biloba menimbulkan beberapa efek samping tertentu seperti sakit kepala, muntah dan mual, jika digunakan dengan produk anti-koagulan tertentu. Ginkgo biloba juga tidak akan memberikan hasil apapun jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Ginkgo biloba termasuk dalam jenis Gingkofita, kelas Ginkgoopsida, ordo Ginkgoales, keluarga Ginkgoaceae dan masuk dalam genus ginkgo. Ginseng adalah tanaman tahunan yang pertumbuhannya sangat lambat, memiliki akar yang berumbi, dan termasuk dalam genus Panax, keluarga Araliaceae.

Ringkasan:
  1. Ekstrak Ginseng berasal dari akar, sedangkan ekstrak ginkgo biloba berasal dari daun dan biji.
  2. Ginsenosides dan panaxans adalah komponen kimia utama yang terdapat dalam Ginseng. Sedangkan ginkgo biloba mengandung flavonoid dan terpenopids.
  3. Ginkgo biloba menambah aliran darah ke otak. Sedangkan Ginseng dikenal dapat mengaktifkan produksi Adrenocorticotropic Hormone (ACTH).
  4. Ginseng adalah adaptogen, yang berarti membantu dalam memulihkan kesehatan tubuh tanpa efek samping bahkan jika dosis yang dikonsumsi melebihi ketentuan yang ditetapkan. Ginkgo biloba dapat menimbulkan efek samping tertentu seperti sakit kepala, muntah dan mual, jika digunakan dengan produk anti-koagulan tertentu.

1 komentar: