Perbedaan Antara Susu Skim dan Susu Full Cream

Sudah sejak dulu susu menjadi bagian penting dari menu sehat bagi setiap orang. tanpa memandang usia. Hal itu dikarenakan susu menyediakan berbagai nutrisi penting bagi tubuh kita, agar tiap bagian tubuh dapat berfungsi dengan baik. Susu merupakan sumber kalsium yang tinggi, selain untuk menyehatkan tulang dan gigi, susu juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting. Jumlah kalsium yang anda dapatkan dari dua gelas susu setiap harinya dapat menghindarkan anda dari  kemungkinan tertular osteoporosis, yaitu suatu kondisi yang ditandai oleh rapuhya tulang dan berkurangnya kepadatan tulang karena seseorang beranjak tua. Susu juga merupakan sumber protein yang sangat baik yang membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot dalam tubuh kita.


Ada beberapa jenis susu yang tersedia di supermarket. Jenis yang paling banyak dikonsumsi adalah susu skim dan Susu Full Cream. Susu Full Cream biasanya dianjurkan bagi anak-anak dan remaja karena sangat penting bagi pertumbuhan. Sedangkan, susu skim sering dianjurkan bagi pria dan wanita yang berusaha menurunkan berat badan. Hal ini karena salah satu perbedaan utama antara Susu Full Cream dan susu skim adalah jumlah lemak susu yang dikandungnya. Susu Full Cream mengandung semua jenis lemak susu yang lengkap di dalamnya. Umumnya, susu sapi mengandung 3,5% lemak susu untuk setiap cangkir susu. Susu skim, adalah susu sapi yang mengalami proses skimming, yang berfungsi untuk menghilangkan kandungan lemak susu sebanyak mungkin. Hal ini memungkinkan seseorang dapat mengonsumsi susu untuk mendapatkan kalsium dan protein tanpa mengonsumsi lemak susu.


Hal tersebut menimbulkan perbedaan lain antara Susu Full Cream dan susu skim. Lemak Susu yang terkandung dalam Susu Full Cream menyebabkan rasa susu lebih creamy dan lebih lezat dari susu skim. Kebanyakan orang yang minum susu skim akan merasakan kalau susu skim lebih hambar. Hal tersebut dikarenakan banyak kandungan rasa dalam lemak susu yang dihilangkan, lalu digunakan untuk membuat berbagai produk lain yang berbahan dasar susu seperti keju dan mentega. Inilah sebabnya susu jenis ini disebut dengan susu full cream. Sedangkan susu skim seringkali disebut sebagai susu rendah lemak karena susu skim masih mengandung sejumlah lemak susu di dalamnya, atau sekitar 0,5% lemak susu.

Ringkasan
  • Keduanya susu full cream dan susu skim mengandung kalsium yang sangat penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi, dan mengandung protein untuk membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot.
  • Susu full cream mengandung sekitar 3,5% lemak susu untuk setiap gelasnya. Susu skim mengandung kurang dari 0,5% lemak susu, karena telah mengalami proses skimming yang menghilangkan kandungan lemak susu semaksimal mungkin.
  • Susu full cream memiliki konsistensi krim dan dianggap lebih kaya rasa. Sedangkan susu skim rasanya hambar karena kandungan lemak susu yang rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar