Perbedaan Antara Korea Dan Jepang

Korea sebelumnya adalah satu negara, namun menjelang akhir perang dunia wilayahnya terbagi menjadi Korea Utara dan Korea Selatan. Daerah yang termasuk dalam 2 negara ini dikenal sebagai semenanjung Korea. Jepang adalah negara kepulauan, pulau-pulau yang membentuk negara ini berada di lepas pantai Korea Selatan dan dipisahkan oleh Selat Korea.

Korea Utara dan Korea Selatan wilayahnya jika digabungkan luasnya 84.972 Mil persegi dengan populasi gabungan keduanya 70.944.029. Korea Utara memiliki kepadatan penduduk 480 per Mil persegi sedangkan Korea Selatan memiliki kepadatan 1.260 per Mil persegi. Jepang memiliki luas wilayah 145.898 Mil Persegi dengan populasi 127.449.000 dan kepadatan 870 per Mil persegi.


Korea dianeksasi oleh Jepang pada tahun 1910 dan tetap dalam kontrol Jepang sampai akhir Perang Dunia II pada tahun 1945. Setelah kekalahan Jepang, pasukan Jepang di Korea menyerah kepada Soviet dan tentara Amerika. Hal ini menyebabkan Perang Korea selama tahun 1950-1953 dan mengakibatkan negara dibagi menjadi dua, yaitu Korea Utara dan Korea Selatan. Korea Utara mengikuti ideologi komunisme Soviet sedangkan Korea Selatan mengikuti ideologi Amerika yaitu demokrasi liberal kapitalis.


Jepang tercatat dalam sejarah sejak 400 SM. Namun, tulang manusia dan fosil telah ditemukan di Jepang sudah dari periode Paleolitikum. Setelah Perang Dunia Kedua Jepang muncul sebagai negara maju dan juga memiliki kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia. Jepang memiliki standar hidup yang sangat tinggi.

Bahasa Korea disebut Hangul, ini merupakan bahasa daerah bangsa korea. Bahasa ini dikenal sebagai bahasa yang paling terstruktur dalam sejarah dan alfabetnya sangat mudah untuk dipelajari. Bahasa Jepang adalah bahasa yang digunakan di Jepang. Bahasa ini memiliki 3 manuskrip, dan ketiganya berasal dari Cina.

Masakan Korea modern terdiri dari makanan yang sederhana. Ini mungkin disebabkan oleh periode penaklukan yang dialaminya dan masa kekurangan makanan. Hidangan khas korea akan terdiri dari sup, kimchi (acar), Nasi sebagai hidangan utama atau bisa diganti dengan mie dan lauk. Masakan Jepang sedikit lebih rumit dan mereka masih menerapkan beberapa ritual saat makan. Beberapa hidangan Jepang yang terkenal di dunia misalnya Sushi dan Tempura.

Baik warga Korea maupun Jepang mennyukai gulat, namun kedua negara ini memiliki jenis gulat yang berbeda. Gulat Korea dikenal dengan Sirium dan ini menjadi olahraga tradisional yang berkelas nasional. Gulat Jepang dikenal sebagai Sumo dan kita semua tentu pernah melihatnya meskipun hanya di televisi.

Ringkasan:

  1. Korea adalah semenanjung di bagian timur daratan Asia sementara Jepang adalah Negara Kepulauan di lepas pantai Korea.
  2. Korea terbagi dua setelah Jepang menyerahkan pendudukannya atas Semenanjung Korea.
  3. Korea Utara adalah negara komunis dengan perekonomian tertutup sementara Korea Selatan dan Jepang adalah negara-negara maju dengan ekonomi yang paling cepat berkembang.
  4. Bangsa Korea berbicara dengan bahasa mereka sendiri yang disebut Hangul yang diciptakan pada abad ke-15, sedangkan Jepang mengembangkan berbagai dialek dari Cina dan menggunakan 3 skrip yang utama dari Cina.
  5. Masakan Korea jauh lebih sederhana dibandingkan dengan Jepang.
  6. Gulat Korea disebut dengan Sirium dan gulat Jepang disebut Sumo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar