Perbedaan Antara Selai Kacang dan Selai Almond

Terdapat banyak kesamaan antara selai kacang dan selai almond. Keduanya merupakan jenis selai dari keluarga kacang-kacangan, selai kacang dan selai almond mengandung banyak sekalai nutrisi dan gizi yang bermanfaat. Hanya dengan dua sendok makan selai, anda akan mendapatkan enam gram karbohidrat, 190 kalori, 16 gram lemak baik, ditambah 2-4 gram protein. Selain itu, kacang-kacangan bermanfaat bagi kesehatan jantung karena nutrisinya membantu menurunkan kolesterol LDL dan juga mengurangi risiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung. Mes kibegitu, dua jenis selai tersebut memiliki beberapa perbedaan, terutama mengenai manfaatnya untuk tubuh dari tiap-tiap jenis selai tersebut.

Perbandingan Manfaat kesehatan
Selai almond kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium dan kalium yang semuanya berperan untuk mengurangi resistensi di dalam pembuluh darah, yang berarti jika anda mengonsumsi selai almond secara rutin dalam jumlah yang cukup, maka ia dapat membantu anda menurunkan  tekanan darah. Meskipun kaya akan kalori, penelitian telah menunjukkan bahwa selai ini memiliki kadar serat yang tinggi, protein dan lemak monosaturated, semua zat tersebut bermanfaat sebagai pengontrol berat badan. Dalam diet tinggi karbohidrat, selai mentega membantu mengatur kenaikan kadar insulin dan jika disertakan dalam menu diet reguler maka selai almond akan membantu mengatur kadar gula darah. Selai almond merupakan sumber makanan yang kaya vitamin E dan berperan sebagai antioksidan. Selai ini memiliki senyawa yang membantu anda mencegah stres oksidatif dan menjaga jantung tetap sehat dengan mencegah oksidasi karena kolesterol LDL.


Selai kacang adalah sumber yang kaya reservatol, yang bersifat flavonoid. Ini berarti dapat membantu meningkatkan kelancaran aliran darah ke otak sehingga menurunkan kemungkinan stroke. Studi juga menunjukkan selai kacang berguna dalam pertahanan melawan kanker usus besar, terutama pada wanita. Seperti halnya selai almond, selai kacang juga merupakan makanan yang kaya antioksidan dan membantu mencegah kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang dalam beberapa kasus bisa menyebabkan kanker.

Jika membandingkan nilai gizi satu sendok makan dari masing-masing selai termasuk protein, kalori, lemak, seng, serat, karbohidrat, dan mentega, maka secara berurutan almond memiliki 2.5g, 100, 9.5g, 0.5mg, 2g dan 3g untuk tiap zat tersebut, sedangkan selai kacang memiliki 3.9g, 95, 8.1 g, 0.4mg, sekitar 1.6g dan 3.5g untuk tiap zat yang sama. Selain itu, selai kacang mengandung lebih banyak vitamin E, zat besi, kalsium dan magnesium daripada selai almond.

Ringkasan:
  1. Selai almond mengandung lebih banyak kalori daripada selai kacang untuk satu sendok dengan ukuran yang sama.
  2. Selai almond memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dari selai kacang.
  3. Selai almond memiliki kandungan kalori dan lemak yang lebih tinggi sedangkan selai kacang memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang lebih tinggi.
  4. Selai kacang mengandung lebih banyak vitamin E, zat besi dan kalsium dibandingkan selai almond.

1 komentar: