Perbedaan Antara Putih telur dan Kuning Telur

Kuning dan putih telur adalah dua cairan yang terdapat di dalam cangkang telur. Putih telur adalah cairan bening yang mengelilingi kuning telur. Putih telur dan kuning telur memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain. Sementara telah diketahui jika kuning telur menjadi sumber makanan utama bagi embrio yang berkembang dan putih telur berfungsi sebagai penutup dan pelindung kuning telur.

Telur dianggap sangat bergizi. Tetapi kebanyakan orang, saat ini lebih suka putih telur daripada kuning telur, karena putih telur mengandung kolesterol dan lemak yang rendah. Jika dibandingkan dengan putih telur, bisa disimpulkan jika setengah dari protein telur, terkandung dalam kuning telur. Kuning telur dilengkapi dengan Asam Lemak Esensial, Karotenoid dan Vitamin (A, D, E, K). Kuning telur juga mengandung lebih banyak Kalsium, fosfor, zat besi, zinc, folat, thiamin, B6, B12 dan asam panthothenic jika dibandingkan dengan putih telur.


Kuning telur memiliki kandungan antara 50 dan 80 persen mangan, tembaga dan selenium, sedangkan putih telur memiliki kandungan antara 50 dan 80 persen kalium, protein dan riboflavin. Perbedaan lain yang dapat diketahui adalah kuning telur mengandung tembaga lebih banyak daripada putih telur. Jika membandingkan aspek gizi antara keduanya, maka bagian kuning telur menjadi lebih disukai dibanding bagian putih telur.


Jika membandingkan ukurannya, maka kuning telur mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada putih telur. Kuning telur yang baru diletakkan akan berbentuk bulat. Sesuai dengan usia telur, bagian kuning telur ukurannya akan meningkat dengan menyerap air dari albumen dan kemudian membentang, dan pada akhirnya akan berbentuk pipih.

Ringkasan:
  1. Kuning telur kurannya lebih kecil dari putih telur.
  2. Kuning telur menjadi sumber makanan utama bagi embrio yang berkembang. Bagian putih telur berfungsi sebagai penutup dan pelindung bagi kuning telur.
  3. Kuning telur memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dari putih telur.
  4. Lebih dari setengah kandungan protein telur, terdapat pada kuning telur.
  5. Kalsium, fosfor, zat besi, zinc, folat, thiamin, B6, B12 dan asam panthothenic terdapat lebih banyak pada kuning telur daripada putih telur.
  6. Perbedaan lain yang dapat diketahui adalah kuning telur mengandung sebagian besar tembaga, mangan dan selenium. Sedangkan Putih telur mengandung antara 50 dan 80 persen kalium, protein dan riboflavin.

2 komentar: