Perbedaan Antara Selai kacang dan Nutella

Selai kacang dan nutella adalah olesan makanan yang telah banyak digunakan di berbagai penjuru dunia. Selai kacang sangat umum digunakan di AS, sedangkan Nutella telah digunakan di Eropa sejak lama.

Nutella adalah istilah di Italia untuk menyebut selai kacang. Padahal jika dibandingkan, rasa Nutella lebih lezat dibanding dengan selai kacang.Selai kacang adalah semacam pasta makanan yang  terbuat dari kacang tanah panggang. Yang mempunyai rasa "renyah" atau "halus". Selai kacang terbuat dari hydrogenated vegetable oil, garam dan pemanis.


Nutella adalah olesan dari kacang hazelnut dan cokelat . Nutella adalah versi modifikasi dari gianduja. Bahan pembuat Nutella adalah gula, minyak nabati, hazelnut, kakao dan susu skim. Dilihat dari sejarahnya dapat diketahui bahwa selai kacang telah digunakan selama bertahun-tahun lebih dulu dari Nutella. Selai kacang telah dikonsumsi sejak abad ke-19 sedangkan Nutella mulai digunakan sebagai bahan olesan sejak abad ke-20. Asal mula Selai kacang dapat dikaitkan dengan penemu Marcellus Gilmore Edson. Sedangkan Nutella dibuat pada tahun 1940-an oleh Pietro Ferrero.


Dalam hal kandungan gizi, Nutella memiliki kandungan lebih banyak kalori dan lemak daripada selai kacang. Jika 2 sendok teh nutella mengandung 200 kalori maka selai kacang hanya mengandung 190 kalori saja.Kadar gula Nutella lebih banyak dari dari kadar gula pada selai kacang. Dua sendok teh Nutella mengandung 21 gm gula, dan hanya 1 gm mentega kacang. Tingkat protein dalam kacang jauh lebih tinggi daripada dalam Nutella. Jika kita membandingkan 2 sendok teh selai kacang dan Nutella, maka selai kacang mengandung delapan gram sedangkan Nutella hanya mengandung 3 gm saja.

Saat dioleskan secara merata pada roti yang tidak dipanggang terlebih dahulu, Nutella lebih mudah dioleskan jika dibandingkan dengan selai kacang. Dalam roti yang dipanggang dahulu, Nutella cenderung lebih cair dan licin dibanding selai kacang.

 Ringkasan:
  1. Nutella adalah istilah di Italia untuk selai kacang.
  2. Nutella lebih lezat dari selai kacang.
  3. Selai kacang terbuat dari hydrogenated vegetable oil, garam dan pemanis. Isi utama dalam Nutella adalah gula, minyak nabati, hazelnut, kakao dan susu skim.
  4. Selai Kacang dikonsumsi sejak abad ke-19 dan Nutella ini dibuat pada abad ke-20.
  5. Dalam hal kandungan gizi, Nutella hadir dengan lebih banyak kalori dan lemak dibanding dengan selai kacang.
  6. Kadar gula Nutella jauh lebih tinggi dari kadar gula selai kacang.

1 komentar: