Perbedaan Antara Ruby dan Zamrud

Perbedaan pertama yang datang terpikirkan adalah ruby berwarna merah dan zamrud berwarna hijau. Sebenarnya batu ruby bermacam-macam warnanya, mulai dari yang berwarna merah, hingga berwarna kebiruan yang melekat pada batu. Sedangkan Zamrud adalah batuan mineral beryl,  batu ini berwarna hijau karena kandungan kromium dan vanadium, dan kadar warna hijaunya bergantung pada kadar dua zat yang dikandungnya tersebut.

Sebuah ruby dinilai dari keindahan warnanya, sedangkan zamrud dinilai dari keindahan warnanya dan transparansi batu itu sendiri. Sistem kristal sebuah ruby adalah trigonal, ia memiliki tingkat kekerasan
9 menurut skala Mohs dengan kilau vitreous. Titik lebur batu ini adalah 2044 derajat Celcius. Batu rubi terbaik berasal dari lembah Mogokm di Upper Burma. Rubi juga telah ditambang di Thailand dan Kamboja. Sistem kristal zamrud adalah heksagonal dan memiliki nilai kekerasan dalam kisaran 7,5-8 pada skala Mohs. Berat jenisnya 2,70-2,78 sedangkan indeks biasnya 1,576-1,582.

Zamrud ditemukan di Columbia- terutama di Muzo, Coscuez, dan Chivor. Selain itu, zamrud juga ditemukan di Amerika Serikat di wilayah Montana, Nevada, North Carolina, South Carolina dan Connecticut. Zamrud adalah batu kelahiran bagi orang-orang yang lahir pada zodiak Taurus.


Rubi sintetis dapat dibuat dengan menggabungkan kalium alum pada suhu tinggi dengan sedikit kromium yang berfungsi sebagai pigmen. Zamrud sintetis dapat dibuat dengan menginduksi zamrud overgrowth dengan beryl yang memiliki kandungan warna sedikit.

Rubi biasanya diperindah dengan melakukan sedikit perubahan warna, meningkatkan transparansi dan mengisi retakan yang ada agar tampak lebih indah. Sedangkan Zamrud diminyaki dengan minyak cedar untuk meningkatkan ketajaman warnanya.

Jadi kita menurut kami zamrud dan ruby adalah dua batu permata yang sangat penting dan memiliki peranan penting dalam imajinasi manusia, dapat dilihat dari betapa tingginya penilaian manusia pada kedua batu tersebut. Bahkan penerapan kedua batu tersebut sebagai batu permata atau perhiasan, aksesoris, pengelompokan astrologi, serta konotasi budaya dan sejarah. Tidak heran jika kedua batu tersebut selalu menjadi bagian dari cerita rakyat, sejak zaman dahulu.

Ringkasan:
  • Ruby berwarna merah dan zamrud berwarna hijau.
  • Ruby dinilai dari keindahan warna sedangkan zamrud dinilai dari warna dan transparansi.
  • Sistem kristal sebuah Ruby adalah trigonal dan memiliki kekerasan 9 menurut skala Mohs dengan kilau vitreous. Sistem kristal zamrud adalah heksagonal dan memiliki tingkat kekerasan dalam kisaran 7,5-8 pada skala Mohs.
  • Ruby dapat diperindah dengan melakukan sedikit perubahan warna, peningkatan transparansi dan mengisi retakan yang ada. Sedangkan Zamrud diminyaki dengan minyak cedar untuk meningkatkan ketajaman.
  • Ruby terbaik berasal dari daerah Oriental sedangkan zamrud terbaik berasal dari daerah Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar