Perbedaan Antara Penguapan dan Pendidihan

 Penguapan yang terjadi pada permukaan benda cair disebut penguapan cairan. Ini adalah keadaan transisi dari benda cair menjadi gas. Proses ini terjadi secara perlahan dan tidak dapat dilihat secara gamblang oleh mata. Hal ini terjadi ketika ada permukaan benda cair yang terpapar molekul udara, kemudian air berubah menjadi uap dan uap tersebut naik dan membentuk awan di atmosfir.

Mendidih terjadi pada seluruh massa zat cair dan pada saat yang sama juga terjadi penguapan cairan. Hal ini terjadi dengan sangat cepat. Hal ini terjadi ketika tekanan uap zat cair sama dengan tekanan yang diberikan oleh lingkungan sekitar. Ini juga merupakan fase transisi. Pemdidihan terjadi dalam tiga tahapan yang berbeda: pendidihan nukleasi didih, pendidihan  transisi dan pendidihan lapisan film. Tidak ada tahap-tahap tersebut dalam penguapan.


Pendidihan terjadi ketika suhu cairan lebih tinggi dari titik didih zat tersebut. Penguapan dapat terjadi pada suhu berapapun. Hal ini dapat terjadi selama meski substansi cairan tetap pada suhu tertentu.


Menurut Greg Bradburn, penguapan terjadi ketika terjadi peningkatan energi dan ini terjadi dengan cepat. Hal ini terjadi dari bagian bawah wadah ketika zat cair dibiarkan mendidih. Gelembung terbentuk di bagian bawah wadah dan kemudian naik ke atas wadah. Dalam keadaan mendidih, gelembung tidak akan terbentuk di bagian bawah tapi akan naik ke permukaan. Penguapan kadang terjadi pada suhu kamar, dan karena itulah, penguapan terjadi lebih lambat jika dibandingkan dengan pendidihan.

Dalam proses pendidihan, ada pembentukan gelembung sebagai proses fisik yang kompleks, dan gelembung ini terbentuk pada saat cairan sedang dipanaskan. Ada kavitasi dan efek akustik terlihat pada saat mendidih. Tidak ada gelembung yang terbentuk pada proses penguapan dan tidak ada pula kavitasi dan efek akustik yang timbul.

Perbedaan mikroskopis antara penguapan dan mendidih adalah sebagai berikut:
Dalam pendidihan, gerakan partikel meningkat dan gaya ini memisahkan partikel satu sama lain. Suhu menjadi sama dan pendidihan juga terjadi merata di seluruh wadah. Dalam penguapan pergerakan partikel tidaklah sama. Sebagian partikel bergerak pada kecepatan yang lebih lambat dan partikel lain bergerak pada kecepatan yang lebih tinggi. Partikel di permukaan dipengaruhi oleh partikel di bawah lapisan permukaan zat cair, dan partikel yang berada di tengah dipengaruhi oleh gaya yang ada di sekitar wadah. Partikel yang terdapat di permukaan dapat dengan mudah pecah dari pada cairan yang ada di tengah.

Ringkasan:
  • Penguapan terjadi pada permukaan cairan sedangkan pendidihan terjadi pada keseluruhan volume zat cair.
  • Pendidihan terjadi dengan cepat sedangkan penguapan terjadi secara perlahan.
  • Penguapan dapat terjadi pada suhu berapapun sedangkan pendidihan terjadi pada suhu tertentu.
  • Gerakan partikel cepat selama pendidihan sedangkan saat penguapan sebagian partikel bergerak perlahan dan sebagian lagi bergerak dengan cepat.
  • Ada pembentukan gelembung saat pendidihan, sedangkan saat penguapan tidak terjadi pembentukan gelembung.

1 komentar: