Perbedaan Antara Susu Evaporasi dan Susu Kental Manis

Secara harfiah, tidak ada perbedaan antara susu evaporasi dan susu kental. Namun, ada perbedaan yang signifikan antara susu evaporasi dan susu kental manis ketika gula ditambahkan untuk mempermanis susu kental. Dalam kuliner secara umum, susu kental manis selalu disebut sebagai susu kental dan bahkan sebagian menyebutnya dengan susu kental manis. Dalam artikel ini yang kami maksud dengan susu kental manis juga sama dengan susu kental. Ketika susu kental tidak diberi pemanis, maka susu tersebut disebut sebagai sebagai susu evaporasi.

Susu evaporasi dibuat di pabrik-pabrik dimana susu akan divakum dan melalui proses penguapan untuk menghilangkan hampir 60% kadar air hadir dari susu biasa. Kemudian dihomogenisasi dan kemudian disterilkan untuk meningkatkan daya tahan penyimpanan susu. Sesuai standar FDA, susu evaporasi harus memiliki lemak susu minimal 7,9% dan padatan susu minimal 25,5%.


Susu kental juga mengalami proses yang sama. Proses vakum dilakukan untuk menguapkan dan menghilangkan setidaknya 60% dari kadar air dalam susu. Sedangkan susu evaporasi dihomogenisasi penguapan pasca vakum, lalu gula ditambahkan ke susu kental. Disini gula berperan sebagai inhibitor pertumbuhan dari setiap mikroorganisme, proses sterilisasi susu kental kurang ketat jika dibandingkan dengan susu evaporasi. Sesuai standar FDA, susu kental harus berisi minimal 8% lemak susu, dan padatan susu minimal 28% dan kadar gula minimum 40-45%.


Peraturan pemerintah memastikan jika vitamin seperti vitamin A, vitamin D dan vitamin C harus ditambahkan ke susu evaporasi, sedangkan pada susu kental pemerintah hanya meminta menambahkan Vitamin A kedalam susu kental.


Karena sifatnya yang terkonsentrasi, baik susu evaporasi maupun susu kental kaya akan kalori. Namun, karena kandungan gula tambahan, kandungan kalori susu kental jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu evaporasi.Keduanya, baik susu evaporasi maupun susu kental tersedia dalam versi yang berbeda seperti susu skim atau susu rendah lemak. Beberapa merek susu kental juga tersedia dalam berbagai rasa seperti coklat.

Karena kandungan gula yang tinggi, susu kental dan susu evaporasi tidak dapat saling menggantikan satu sama lain, terutama dalam bidang kuliner. Kebanyakan orang menggunakan susu kental untuk membuat makanan penutup dan minuman seperti kopi Vietnam. Kebanyakan orang juga menggunakan susu kental untuk pencuci mulut seperti dulce de leche dimana susu kental dijadikan sebagai karamel. Sedangkan susu evaporasi digunakan sebagai pengganti susu biasa dalam menyeduh kopi dan teh. Susu Evaporasi juga digunakan dalam resep seperti gravies, casserole, sup dan quiches untuk menambah rasa lembut dan teksturnya sebagai hidangan penutup.

Ringkasan:
  • Susu Evaporasi adalah susu kental tawar. Susu kental manis, umumnya dikenal sebagai susu kental memiliki kandungan gula 40-45%.
  • Susu Evaporasi diperkaya dengan vitamin A, D & C sedangkan susu kental hanya ditambahkan Vitamin A
  • Susu kental digunakan untuk makanan penutup sedangkan susu evaporasi digunakan untuk savories.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar