Perbedaan Antara Bullying dan Pelecehan

Tidak peduli berapa usia anda atau seberapa sukses hidup anda, intimidasi (bullying) atau pelecehan masih menjadi masalah yang seringkali dihadapi, dan ini memang sesuatu yang sudah menjamur di kalangan masyarakat kita. Akibat paling buruk dari keduanya adalah gangguan kestabilan rutinitas anda atau bahkan bisa merusak rasa percaya diri dan kesehatan anda. Jika anda merasa telah menjadi korban pelecehan atau bullying, sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara keduanya dan langkah-langkah apa yang dapat anda ambil untuk menghadapi kedua hal yang mengganggu kehidupan anda.

Dimanakah kemungkinan terjadi Bullying dan Pelecehan
Bullying biasanya terjadi di zona kenyamanan sang pengganggu atau yang mem-bully anda. Biasanya di sekolah, tempat kerja atau tempat yang terkait dengannya, seperti tempat parkir, kafe atau restoran favorit.

Pelecehan '"dapat terjadi di mana saja. Mungkin juga terjadi di lokasi yang sama dengan terjadinya bullying, tetapi juga dapat terjadi di lingkungan yang netral atau ditempat-tempat umum.

Siapakah Pelaku Bullying atau Pelecehan
Bullying umumnya dilakukan oleh seseorang yang mengenal anda dan mengetahui siapa diri anda. Anda mungkin tidak berteman dekat, tapi mereka akan mengesankan bergaul dengan akrab pada anda dan kehidupan anda.

Pelecehan bisa dilakukan oleh seseorang yang anda kenal, tetapi juga dapat dilakukan oleh orang asing, atau seseorang yang belum pernah anda temui sama sekali, dan mungkin pula tidak akan pernah anda temui lagi.

Kemungkinan penyebab Bullying dan Pelecehan
Banyak penelitian telah dilakukan tentang penyebab bullying. Tampaknya orang-orang yang terlibat dalam bullying, baik di sekolah maupun tempat kerja, mereka melakukannya karena rasa tidak aman atau ketidakmampuan. Di sekolah mereka akan menargetkan orang-orang yang menurut mereka lebih lemah dan mudah di bully. Namun, yang terjadi di tempat kerja adalah sebaliknya, seringkali orang yang berhasil atau berprestasi akan diintimidasi (di-bully), karena rekan kerjanya merasa terintimidasi oleh keberhasilan orang lain.

Pelecehan memiliki dasar pola pikir atau mentalitas kawanan dan cenderung SARA. Orang yang melakukan pelecehan biasanya menganggap bahwa orang-orang yang berbeda dari norma pribadi kelompok mereka adalah orang yang buruk dan lebih rendah derajatnya. Oleh karena itu pelecehan didasarkan pada diskriminasi seseorang, biasanya karena warna kulit, agama, kebangsaan, jenis kelamin, atau preferensi seksual.

Cara Menghadapi Bullying dan Pelecehan
Bullying adalah masalah internal. Jika anda merasa anda telah menjadi korban bullying, anda harus mendokumentasikan kasus bullying tersebut dan kemudian melaporkannya kepada atasan anda, bisa kepada guru atau bos di kantor anda. Dengan begitu pelaku bullying akan menerima sanksi atau tindakan kedisiplinan, tapi tindakan ini tidak akan menjamin bullying akan berhenti, bahkan bisa berakibat tindakan bullying kepada anda semakin sering. Yang harus anda lakukan adalah anda harus berani melawan tindakan Bullying, dengan cara menunjukkan bahwa anda benar. Dan anda harus tetap kuat memperjuangkan kebenaran yang anda yakini. Biasanya pelaku bully akan menyerah jika tindakannya tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Tunjukkan kepada semua orang, bahwa tindakan bully yang mereka lakukan, tidak akan berguna sama sekali, dan tidak berpengaruh pada diri anda secara mental maupun fisik, karena anda adalah seorang yang tangguh.

Tindakan pelecehan telah ada peraturannya dan pelakunya akan mendapat sanksi hukum. Jika Anda merasa telah dilecehkan, meskipun hanya sekali, anda dapat melaporkan kejadian itu kepada polisi dan polisi dapat menindaknya dengan tuduhan pelecehan. Biasanya perusahaan atau tempat kerja memiliki kebijakan yang ketat pada kasus pelecehan, dan sangat mungkin pelakunya akan diberhentikan pekerjaan di perusahaan yang bersangkutan.

Ringkasan:
  • Bullying dan pelecehan adalah yang tindakan yang diambil untuk membuat anda merasa diri anda buruk dan tidak berharga.
  • Bullying biasanya terjadi oleh orang yang anda kenal sedangkan pelecehan dapat terjadi di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.
  • Bullying tidak dianggap separah pelecehan karena biasanya didasarkan pada kecemburuan namun pelecehan dapat dituntut secara hukum karena diskriminatif terhadap SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan).

1 komentar: