Perbedaan Antara Oatmeal dan Oatbran

Meskipun sama-sama mengandung lemak dan kalori, oat bran dan oatmeal masih memiliki beberapa perbedaan. Dalam hal protein dan komposisi serat, kandungan dalam oat bran lebih tinggi dari oatmeal. Dalam 1 cangkir porsi oatmeal akan memberikan sekitar 8 gram total serat dan 12 gram protein sedangkan dalam oat bran bisa mencapai 18 gram serat dan 20 gram protein.

Namun, dalam hal kehadiran kandungan gizi, oatbran agak sedikit tertinggal dibandingkan oatmeal. Hal ini karena gandum atau tepung telah dihapus dalam pembuatan oatbran, maka kandungan beberapa nutrisi yang awalnya terdapat pada gandum utuh telah dihilangkan.


Oatmeal dianggap sebagai gandum utuh sedangkan oatbran hanya bagian dari kulit gandum tersebut. Meskipun kedua produk berasal dari gandum utuh, pada akhirnya menjadi produk yang berbeda setelah mengalami berbagai proses. Setelah gandum digiling, kemudian dibentuk menjadi serpihan ketebalan yang berbeda. Ukuran ketebalan biasanya berkisar 0,3-1 mm, dan disebut sebagai 'oatmeal. Sedangkan pada oatbran, produk diproses lebih lanjut, dan mengalami serangkaian rolling yang akan, memisahkan oatbran dari sisa bagian Groat.


Selain itu, oatbran digunakan dalam banyak bidang. Dapat dimanfaatkan sebagai bahan penambah roti untuk muffin dan sereal, dapat digunakan untuk pengawetan dan pencuci piring terutama di Jepang. Oatbran ditambahkan ke air mendidih dan tunas bambu berfungsi sebagai spon pembersih. Oatmeal juga memiliki banyak kegunaan lain. Misalnya, untuk membuat bubur, oatmeal cookies dan kue, oatmeal biasanya dianggap sebagai bahan utama. Dapat pula digunakan untuk mengentalkan makanan kaleng seperti cabai con carne.
 
Ringkasan:

  • Oat bran memiliki protein dan serat konten yang lebih besar dibandingkan dengan oatmeal.
  • Oat bran dianggap kurang bergizi dibandingkan dengan oatmeal karena beberapa nutrisi dari gandum telah dihapus dalam proses memisahkan oatbran.
  • oatmeal dapat digunakan sebagai pengental makanan, campuran dalam minuman beralkohol dan bahan andalan untuk oatmeal cookies atau kue. Sebaliknya, oatbran dapat digunakan untuk memperkaya roti dan bahkan sebagai bahan pencuci piring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar