Perbedaan Krim Kental dan Whipping Cream

Krim kental adalah produk susu yang terbuat dari lapisan paling atas, dari susu yang kaya lemak mentega. Lemak yang diambil dari permukaan paling atas susu, sebelum mengalami homogenisasi. Sedangkan istilah 'whipped cream' atau 'whipping cream' mengacu pada krim yang mengalami proses pengadukan terus menerus hingga teksturnya lembut dan ringan. Whipped cream dibuat dengan adukan mixer.

Susu yang tidak homogen dalam rentang waktu tertentu akan melepaskan isi lemak dan akan naik ke
permukaan. Dalam produksi industri skala besar, proses pelepasan lemak ini akan dipercepat dengan cara memberi gaya sentrifugal, untuk memisahkannya. Dalam whipped cream kandungan lemak akan dicampur dengan udara, hingga voleme lemak hanya tinggal 30% saja. Akibatnya koloid yang diperoleh hampir dua kali lipat volume asli krim karena telah menyerap gelembung udara diantara tetesan lemak.

Seringkali Krim kental dikeringkan agar membentuk krim atau susu bubuk, untuk memudahkan ekspor ke negara-negara yang jauh. Dalam whipping cream tetesan lemak yang timbul dalam koloid akan tetap bersama-sama membentuk mentega sedangkan sisanya tinggal cairan yang disebut dengan susu mentega.


Krim kental mengandung sekitar 38-40% lemak sedangkan whipping cream memiliki kandungan lemak sebesar 30-36%.

Berikut ini beberapa kegunaan Krim kental
  • Krim ini digunakan untuk membuat mentega
  • Whipped cream berasal dari Krim kental yang melalui proses pengadukan yang lama.
  • Digunakan dalam pembuatan krim asam dan krim biasa.
  • Krim kental juga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan produk cokelat, es krim, puding, kue, custard, dan berbagai jenis saus pendamping pada makanan penutup.

Whipping cream lebih sering digunakan sebagai bahan penghias atau topping es krim dan kue.  Sebagai bahan untuk membuat saus dalam resep makanan penutup atau topping kopi Cappucino. Ada satu manfaat unik dari whipping cream, karena bentuknya yang seperti kondisioner atau krim cukur. Jika Anda kehabisan krim cukur dan tidak memiliki waktu untuk membeli, anda dapat menggunakan whipping cream yang anda simpan di freezer dan menggunakannya sebagai krim cukur yang berkualitas tinggi. Produk ini bahkan bisa digunakan sebagai pelembab yang bagus bagi kulit kering. Whipping cream juga di kenal sebagai pengganti krim asam yang baik dengan penambahan beberapa sendok air jeruk.

Ringkasan:
  1. Krim kental adalah produk susu yang terbuat dari lapisan paling atas dari susu yang kaya lemak mentega. Sedangkan istilah 'whipped cream' atau 'whipping cream' mengacu pada krim yang mengalami proses pengadukan secara menerus sampai teksturnya menjadi lembut dan ringan.
  2. Krim kental mengandung sekitar 38-40% lemak sedangkan whipping cream hanya memiliki kandungan lemak sebesar 30-36% saja.
  3. Krim kental juga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan produk cokelat, es krim, puding, keu,custard, dan berbagai jenis saus pendamping bagi makanan penutup. Whipping cream lebih sering digunakan sebagai bahan penghias atau topping untuk es krim dan kue.

1 komentar: