Perbedaan Antara Sampo dan Kondisioner

Rambut anda laksana mahkota kemuliaan. Memiliki rambut yang indah akan lebih menyenangkan, dibanding memiliki model potongan rambut yang keren. Perawatan rambut sangatlah penting, dan pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan rambut itu sendiri. Untuk alasan ini, seringkali seseorang dapat menghabiskan biaya yang tinggi untuk membeli sampo dan kondisioner. Dua produk perawatan ini seringkali tak terpisahkan, dan memang ada perbedaan diantara kedua produk tersebut.

Sebenarnya, ada banyak perbedaan antara sampo dan kondisioner. Bisa dilihat dari tujuan kedua produk
tersebut. Sampo adalah produk perawatan rambut yang digunakan untuk menghilangkan minyak, debu, kotoran, polusi, dan sel-sel kulit mati yang terdapat pada tiap helai rambut anda sepanjang hari. Sedangkan kondisioner adalah produk perawatan rambut yang digunakan untuk melunakkan tekstur helai rambut, membuat rambut terasa lebih lembut, lebih mudah untuk disisir dan bergaya setelah dicuci.

Karena perbedaan tujuan itulah, komposisi yang digunakan untuk memproduksi sampo dan kondisioner juga berbeda. Sampo mengandung komposisi yang sangat mirip dengan yang ada pada sabun. Perbedaan antara keduanya adalah komposisi dalam sampo lebih lembut sehingga mampu melindungi tiap helai rambut yang tidak tercuci sempurna, dan menyebabkan rambut menjadi rapuh. Kondisioner terdiri dari pelembab untuk membuat rambut lebih mudah diatur. Kondisioner juga mengandung protein untuk membantu memperkuat tiap helai rambut dan pengkilap untuk memberikan rambut anda tampak bersinar alami.


Perbedaan lain antara sampo dan kondisioner terdapat pada keseimbangan pH. Memang kedua produk tersebut bersifat asam, kondisioner bersifat lebih asam bila dibandingkan dengan sampo. Tingginya tingkat keseimbangan pH asam dalam kondisioner membantu meningkatkan produksi asam amino dan untuk membantu peranan keratin pada tiap helai rambut, sehingga membuatnya tampak jauh lebih sehat, lebih bersinar dari pangkal hingga ujung rambut.

Sampo dan kondisioner yang sekarang diproduksi mengandung vitamin dan berbagai nutrisi lainnya. Namun vitamin yang terkandung dalam sampo dan kondisioner mempunyai perbedaan. Vitamin dan nutrisi yang ditemukan dalam sampo seringkali diformulasikan untuk menyehatkan akar rambut dan kulit kepala. Sedangkan vitamin yang dimasukkan ke dalam kondisioner bertujuan untuk untuk memperkuat dan mencegah tiap helai rambut dari kerusakan.

Dan yang terakhir adalah perbedaan cara pemakaian sampo dan kondisioner. Semua sampo digunakan untuk keramas dan akan dibilas setelah diratakan di seluruh bagian rambut. Sedangkan kondisioner mempunyai dua cara pemakaian. Yang pertama adalah dengan memakainya pada seluruh bagian rambut dan mendiamkannya selama beberapa menit sebelum dibilas. Dapat pula dengan mengoleskannya pada rambut, dan membiarkannya tetap disana tanpa membilasnya sama sekali.

Ringkasan:
  • Sampo digunakan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Kondisioner digunakan untuk membuat helai rambut lebih lembut dan lebih mudah diatur.
  • Sampo mengandung komposisi yang mirip dengan sabun, dan sedikit asam. Kondisioner mengandung pelembab dan pengkilap, dan sifatnya lebih asam dari sampo.
  • Semua sampo akan dibilas setelah dipakai. Kondisioner dapat dibilas setelah dipakai, atau dibiarkan begitu saja.

1 komentar: