Perbedaan Cupcake dan Muffin

Perpaduan kue dengan secangkir kopi panas atau segelas susu dingin sangatlah istimewa, seperti sambutan selamat datang bagi yang menyantapnya. Apalagi jika anda pergi ke toko kue, terdapat berbagai jenis kue yang dapat anda pilih sesuai selera anda masing-masing. Dan tidak ketinggalan kue yang populer akhir-akhir ini, cupcake. Kue ini sangat banyak peminatnya, begitu pula dengan muffin, tapi apa yang bisa membedakan kedua jenis kue ini? Mari kita bahas lebih
lanjut.


Definisi Cupcake dan Muffin
Cupcake adalah kue bolu kecil yang dipanggang dalam sebuah loyang khusus yang dapat dimakan oleh satu orang dalam satu kali makan. Terlepas dari seberapa besar ukurannya, cupcake dilengkapi dengan topping selayaknya cake pada umumnya. Misalnya ditambahkan whip cream, fondant dan berbagai jenis topping lain untuk mempercantik tampilan cupcake itu sendiri.
Muffin adalah sebuah roti tipis yang dipanggang dalam loyang berbentuk lingkaran. Tidak seperti roti pada umumnya, muffin mengandung lebih banyak gula dan mentega.

Sejarah Cupcake dan Muffin
Cupcake awalnya dipanggang dalam tembikar kecil berbentuk cangkir yang disebut ramekins sebelum loyang muffin banyak dijual dipasaran. Dari tempat pemanggangnya itulah istilah cupcake muncul, dan terkenal hingga kini. Nama mereka berasal dari fakta bahwa mereka dipanggang dalam cangkir yang sebenarnya. Kini, cupcakes dapat mengacu pada kue berukuran kecil atau pada kue yang bahannya diukur dengan cangkir, sendok teh, dan lain-lain, tanpa mengukurnya berdasarkan berat bahan.
Muffin awalnya dipanggang di rumah, sebagai roti berukuran kecil untuk pelengkap sajian makanan. Namun sejak kedai kopi modern banyak berdiri, muffin menjadi roti pendamping minum kopi yang lebih bergengsi selain donat atau jenis kue lainnya. Dewasa ini beberapa jenis muffin begitu sarat dengan kandungan gula, cokelat, atau kacang-kacangan, dan menjadi makanan yang kurang sehat seperti halnya donat yang digantikannya.

Penampilan Cupcakes dan Muffins
Cupcake diberi hiasan krim dan taburan warna-warni di atasnya. Cupcakes umumnya disajikan dengan rasa cokelat, vanila, atau kombinasi keduanya. Beberapa cupcakes disajikan dalam gaya confetti, yang berarti kue dengan rasa vanila dengan hiasan potongan permen kecil-kecil berwarna pelangi dengan campuran mentega.
Muffin biasanya disajikan dengan lapisan krim yang tipis, atau diterapkan krim yang diterapkan berupa titik titik kecil di atasnya, dan tidak terlalu tebal. Biasanya topping dicampur dengan buah-buahan, kacang-kacangan, atau cokelat. Bagian atas muffin ukurannya dibuat lebih besar daripada bagian bawah muffin.

Di mana Cupcakes dan Muffins biasanya disajikan?

Cupcake biasanya disajikan dalam sebuah pesta ulang tahun atau pesta kantor. Cupcake dipilih karena menyajikan cake dalam bentuk besar dirasa terlalu merepotkan.
Muffin lebih tepat disajikan sebagai pelengkap sarapan atau makanan pendamping untuk minum kopi pada waktu siang atau malam hari.

Ringkasan:
Cupcakes dan Muffin bentuknya mirip, namun cupcake dibuat dengan adonan untuk cake, sedangkan muffin dibuat menggunakan resep adonan roti.
Cupcakes telah populer dengan topping manisnya sejak bertahun-tahun lalu, sedangkan muffin baru populer semenjak kedai kopi modern mulai bermunculan di kota-kota besar.
Cupcakes biasanya mengandung lebih banyak gula dan krim, serta lebih populer di kalangan anak-anak sedangkan Muffin dibuat dengan berbagai campuran sebagai hidangan pendamping saat minum kopi.

1 komentar: