Perbedaan Antara eBay dan Amazon

eBay dan Amazon adalah dua situs belanja yang sangat populer. Keduanya memberikan banyak kemudahan karena anda tidak lagi perlu meninggalkan kursi santai anda untuk membeli sesuatu. Amazon adalah toko online yang tidak berbeda dengan toko biasa. Amazon memiliki banyak stok produk untuk dijual, dan apabila anda mendapati barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan deskripsi di amazon atau barang sudah rusak, maka anda dapat menukarkannya.  eBay bukanlah toko online, ebay hanya sebuah website lelang dan tidak benar-benar menjual suatu barang. eBay adalah sebuah situs yang menyediakan jasa bagi penggunannya, yang akan membeli ataupun menjual suatu barang miliknya. 

Karena Amazon adalah sebuah toko, maka hukum yang berlaku juga sama dengan toko pada umumnya. Amazon harus memberikan beberapa
pelayanan dan jaminan kepada pelanggannya. Sedangkan pada eBay, pada dasarnya anda bertransaksi dengan pengguna yang lainnya, sedangkan eBay hanya berlaku sebagai perantara atau sarana untuk mempertemukan pembeli dan penjual. Jika transaksi yang anda lakukan melalui eBay tidak berjalan sebagaimana mestinya, eBay tidak terikat secara hukum untuk membantu anda.

Ada sebuah isu yang telah merebak di eBay sejak awal berdirinya, yaitu keberadaan scammers atau penipu. Scammer biasanya berpura-pura akan menjual suatu barang, tetapi ia akan menghilang setelah mereka menerima pembayaran dari anda, dan tidak akan mengirimkan barang yang telah anda bayar. Untuk mengatasi ini, eBay memiliki sistem umpan balik di mana masing-masing pihak dapat meninggalkan umpan balikatau review tentang pengalaman mereka bertransaksi dengan salah satu pengguna. Orang yang dapat diandalkan dan jujur di situs eBay akan memiliki umpan balik positif yang tinggi sementara mereka yang memiliki umpan balik negatif atau tidak memiliki umpan balik sama sekali, akan tidak dipercaya. Meski begitu, ada banyak orang yang telah tertipu oleh scammers di situs eBay.

Produk yang dijual di Amazon biasanya adalah produk baru tapi ada pula beberapa produk yang ada secara berkesinambungan. Produk yang dibeli melalui amazon memberi jaminan yang sama seperti produk yang anda beli di toko biasa, dan harga yang anda bayarkan juga tidak terpaut jau. Barang yang dijual di eBay biasanya produk lama yang telah digunakan, sedangkan pemiliknya ingin menjualnya, ini seperti bazar barang bekas yang ditawarkan melalui internet. Memang anda tidak akan mendapat jaminan seperti anda membelinya melalui amazon, tetapi di eBay anda bisa mendapatkan harga yang lebih rendah. Inilah sebabnya mengapa eBay diisi oleh konsumen yang mencari barang murah sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ringkasan:
  1. Amazon adalah toko online sedangkan eBay adalah situs lelang online
  2. Amazon memiliki dan bertanggung jawab untuk semua item yang dijual di situs mereka sedangkan eBay tidak memiliki barang atau jasa yang dijual atau dilelang di situsnya
  3. Ada kemungkinan penipuan di eBay tetapi tidak ada kemungkinan itu di Amazon
  4. Sebagian besar barang yang dijual di Amazon adalah barang baru sedangkan barang yang di situs eBay kebanyakan adalah bekas pakai.

2 komentar: