Perbedaan Antara Taco dan Burrito

Perbedaan yang paling kentara antara dua makanan populer dari meksiko ini adalah ukurannya. Burrito lebih besar dan mengenyangkan dinbandingkan dengan taco. Anda harus memakan banyak taco agar anda bisa merasa kenyang, tapi jika anda makan burrito, satu buah saja sudah cukup.

Taco merupakan jenis makanan yang kuno dan telah ada sejak berabad-abad lalu. Berbagai jenis Taco tradisional dibuat dengan tortilla jagung hangat yang melilit dengan satu jenis isian, seringkali dihiasi dengan salsa, krim asam atau saus lainnya. Untuk isiannya biasa menggunakan carne asada atau daging babi. Di sisi lain Burrito termasuk jenis makanan yang
tergolong baru.

Ada sebuah cerita menarik di balik kemunculan burrito. Pada mulanya ada pedagang yang ingin sepiring nasi dan kacang, tetapi tanpa menggunakan piring. Lalu pedagang tersebut mendapat ide brilian dengan membungkus bahan makanan tersebut menggunakan tortilla gandum sebagai pengganti piring. Ukuran tortilla yang digunakan sesuai dengan jumlah bahan yang akan diisikan. Isiannya sendiri sangat bervariasi, misalnya beras, kacang dan keju, tapi isian daging dan sayuran lebih disukai masyarakat.


Tortilla yang terbuat dari jagung hanya digunakan untuk membungkus Taco, karena jika digunakan untuk membungkus burrito, tortilla jagung akan mudah sobek atau rusak. Dalam membungkus burrito dibutuhkan sebuah tortilla yang cukup besar, biasanya burrito menggunakan tortilla dengan rasa bayam atau tomat.

Biasanya taco akan menggunakan tepung halus atau tortilla jagung dengan isian beberapa jenis daging. Dapat juga ditambahkan  bawang dan ketumbar di atas sebagai pelengkap. Sedangkan burrito selalu disajikan dalam lembaran tepung tortilla besar dengan bahan isian yang lebih banyak. Kemudian dengan semua bahan tersebut tortilla digulung dan siap untuk disantap, sebagai satu porsi besar hidangan yang mengenyangkan.

Ringkasan:
  1. Ukuran Burrito jauh lebih besar dibanding dengan Taco, karena burrito berisi satu porsi penuh makanan.
  2. Taco adalah jenis makanan kuno yang telah ada selama berabad-abad lalu.
  3. Burrito adalah jenis makanan yang tergolong baru.
  4. Taco dibuat dari tortilla jagung yang masih hangat membungkus satu jenis isian dengan topping salsa, krim asam atau saus lainnya.
  5. Burrito menggunakan tortilla gandum sebagai pengganti piring, isian yang digunakan adalah nasi, atau kacang dan keju, tapi isian yang lebih disukai konsumen adalah daging dan sayuran.


1 komentar: