Perbedaan Antara Bajing dan Tupai

Di kebanyakan kebun di sekitar rumah, terutama di pedesaan kita seringkali menemukan makhluk-maklhluk kecil ini berlarian. Terutama pada pohon besar yang telah tua usianya. Seringkali kita menganggapnya sebagai hewan yang lucu, meskipun ada pula yang menganggapnya hama pengganggu pemakan buah kelapa. Jika anda sudah mengenal ciri-cirinya anda dapat dengan mudah membedakan antara Bajing dan
Tupai.



Tampilan Fisik Dasar
Bajing bervariasi warna bulunya, ada bajing yang berwarna hitam, abu-abu, merah, atau coklat. Bahkan ada pula bajing yang albino. Karakteristik fisik yang paling menonjol pada Bajing adalah ekornya yang besar mengembang, hampir dua kali panjang tubuh bajing itu sendiri. Memiliki kaki belakang yang lebih panjang dibanding kaki belakangnya. Matanya besar, dan berada di setiap sisi kepalanya, serta telinga besar yang proporsional dan berdiri tegak.

Tupai dapat dikenali dari pola warna dan garis yang unik pada tubuh mereka. Warna utama pada tupai adalah coklat. Di punggungnya terdapat variasi garis hitam dan putih, Ukuran tubuh dan ekor tupai relatif lebih kecil dibandingkan dengan bajing. Namun bentuk dasar tubuh tupai tidak jauh berbeda dengan bajing, ini karena keduanya masih termasuk dalam keluarga Sciuridae.

Habitat
Bajing dapat ditemukan di seluruh Amerika Utara, Eropa, Asia, dan bahkan beberapa bagian Afrika. Bajing Abu-abu banyak ditemukan di asia, di Amerika banyak ditemui bajing yang merah dan sedangkan di eropa identik dengan warna hitam.Pada umumnya bajing suka lingkungan dengan banyak pohon, meski begitu bajing telah beradaptasi dengan kehidupan marjinal dan perkotaan.

Tupai lebih banyak ditemukan di Amerika Utara. Ada juga satu spesies yang ditemukan di asia timur laut. Tupai suka hidup di hutan, tetapi dapat ditemukan di pinggiran kota atau daerah perkotaan yang memiliki pohon.

Makanan
Bajing tidak bisa makan rumput atau makanan yang mengandung banyak selulosa. Sebaliknya bajing suka makan biji-bijian, jamur, dan kacang-kacangan. Kadang bajing juga makan serangga dan bahkan vertebrata kecil jika mereka benar-benar lapar.
Tupai adalah omnivora yang makan kacang-kacangan, sayuran, telur, serangga, dan jamur.



Dalam Budaya Populer
Bajing memainkan peran penting dalam banyak cerita anak-anak seperti seri Redwall, The Chronicles of Narnia, dan Watership Down.
Chipmunk  dikenal dalam cerita Disney Chip dan Dale dan kartun Alvin and the Chipmunks. Itu dua cerita yang paling populer mengenai tupai dalam sebuah cerita.

Ringkasan:
  • Chipmunks dan tupai berasal dari keluarga yang sama dan karenanya memiliki makanan dan preferensi habitat yang sama.
  • Cara termudah untuk membedakan bajing adalah dengan mengenali ekornya yang lebih lebat dan besar dibandingkan dengan tupai.
  • Karena kehidupan bajing dan tupai yang seringkali berdampingan dengan manusia, membuatnya populer dan masuk dalam berbagai cerita dan budaya manusia, terutama dalam berbagai acara televisi.

1 komentar: