Perbedaan Antara Mitos dan Legenda

 Setiap kebudayaan di dunia, mulai dari Eropa, India, Australia hingga Afrika, masing-masing memiliki karya sastra tradisional. Biasanya karya sastra ini dikisahkan melalui generasi ke generasi secara lisan, hingga masyarakat setempat mengembangkan sistem penulisan atau atau orang luar datang dan mencatatnya dalam sebuah buku tersendiri. Tujuan dari semua cerita baik mitos maupun legenda tersebut, hingga saat ini masih menjadi perdebatan diantara para peneliti. Entah apa tujuan dibuatnya semua cerita itu, tetap saja cerita itu sangat menarik dan membuat kita tetap terkesima dengan
kedalaman cerita-cerita itu.

Definisi
Mitos adalah narasi tradisional dan seringkali dianggap suci yang menjelaskan peristiwa-peristiwa penting dalam kelahiran dan pertumbuhan budaya terkadang berkaitan dengan kekuatan supernatural yang terjadi pada zaman dahulu kala.
Legenda merupakan cerita tradisional, tetapi sangat jarang dianggap suci. Lebih mengacu pada perilaku pria dan wanita yang luar biasa pada masanya tapi masih didasarkan pada garis waktu dalam sejarah yang sebenarnya.

Penggunaan
Mitos pada umumnya dianggap berhubungan dengan peristiwa keagamaan. Mitos biasanya menggambarkan tindakan para dewa atau gambaran kekuatan supranatural dan diyakini bahwa jika menceritakan kembali mitos tersebut akan menghadirkan kekuatan supranatural pada masa ini. Mitos juga bisa digunakan sebagai sebagai pendidikan bagi generasi selanjutnya, karena kisah dalam suatu mitos mengandung pesan moral. Mitos dijadikan sarana untuk memasukkan norma-norma moral pada kehidupan masyarakat.
Legenda biasanya tidak banyak mengandung unsur spiritual. Namun, karena melibatkan kejadian nyata dan tokoh sejarah, menjadikannya sering digunakan untuk memotivasi kekompakan dan loyalitas suatu kelompok, terutama di saat masa perang atau penindasan. Legenda juga jadi alat untuk mengajar para generasi muda.

Karakter
Mitos menggunakan karakter dewa, dewi, atau manusia yang diberkahi dengan kekuatan gaib. Mereka dapat berinteraksi dengan manusia, tetapi melawan makhluk yang setara satu sama lain atau mencoba untuk mengelabui satu sama lain dalam upaya merebut kekuasaan.
Legenda memakai tokoh manusia nyata, seringkali tokoh yang punya kecerdasan superior atau kekuatan super, tetapi bukan dewa. Tokoh tersebut berjuang untuk mengubah nasibnya, menggunakan kekuatan opresif eksternal, dan memiliki lawan yang sepadan.

Ringkasan
  • Mitos adalah cerita yang berkaitan dengan suatu budaya dan menceritakan tentang para dewa dalam suatu agama, serta menginstruksikan tentang asal usul suatu norma budaya yang berlaku; Legenda juga bertujuan untuk mengajarkan norma, tapi dengan menggunakan tokoh manusia, bukan dewa.
  • Mitos terjadi pada suatu tempat yang jauh pada zaman dahulu sekali, sedangkan legenda terjadi pada masa yang belum lama terlewat.


1 komentar: