Perbedaan Antara WiFi dan Bluetooth

Wifi dan Bluetooth merupakan dua pilihan koneksi nirkabel yang sangat sering digunakan dalam perangkat portabel seperti smartphone, tablet dan Netbook. WiFi adalah koneksi jaringan nirkabel yang memungkinkan komputer untuk terhubung ke internet. Teknologi ini dikembangkan sebagai alternatif pengganti bagi jaringan yang memakai kabel sebagai penghantar akses sinyal internet. Sedangkan Bluetooth, adalah standar teknologi yang dikembangkan untuk digunakan di ponsel. Teknologi ini diciptakan untuk menggantikan koneksi inframerah yang memiliki banyak keterbatasan. Bluetooth digunakan untuk mengirim file kecil dari satu perangkat ke perangkat lainnya dan juga digunakan untuk menghubungkan perangkat lain seperti
headset, printer dan peripheral lainnya.

Sejak Bluetooth dikembangkan untuk industri ponsel, menjadikannya perangkat penghubung yang sangat sering digunakan di ponsel. Kemampuannya untuk menghubungkan perangkat seperti keyboard dan headset, dapat mengirim gambar dan file kecil dengan lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan dengan WiFi. Meskipun WiFi sudah mulai diterapkan dalam ponsel, anda akan lebih sering menemukan WiFi di laptop, PDA, dan smartphone, di mana teknologi ini sering digunakan untuk menghubungkan perangkat ke internet melalui hotspot. Meskipun dimungkinkan untuk menghubungkan dua perangkat melalui WiFi, namun secara teknis hal itu lebih menyulitkan karena anda harus mendefinisikan satu perangkat sebagai jalur akses, sehingga perangkat yang lain dapat terhubung.

Teknologi WiFi ditujukan untuk memberikan mobilitas bagi penggunanya, namun tetap dapat terhubung ke internet. Maka sinyal yang dipancarkan mempunyai daya jangkau yang cukup tinggi, bahkan jaringan WiFi bisa mencapai jarak 90 meter dan tetap terhubung dengan baik. Bluetooth tidak diperuntukkan pada hubungan jarak jauh antara dua perangkat, itu sebabnya bluetooh menggunakan sinyal yang jauh lebih lemah, dan hanya mempunyai daya pancar sejauh 9 meter saja. Peranan Bandwidth sangat penting bagi WiFi karena akan memberikan koneksi ke internet atau intranet dan produsen selalu berusaha mencari cara untuk meningkatkan kapasitas bandwidth. Di sisi lain perangkat Bluetooth tidak memerlukan banyak bandwidth, karena bandwidth yang lebih besar biasanya akan mengakibatkan biaya yang jauh lebih besar. Itu sebabnya Bluetooth masih memiliki bandwidth yang sangat kecil sehingga tidak cocok untuk mentransfer file yang berukuran besar.
 
Ringkasan:
  1. WiFi digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan secara nirkabel sedangkan Bluetooth digunakan untuk menghubungkan dua perangkat secara nirkabel.
  2. WiFi seringkali digunakan pada Netbook dan PDA sementara Bluetooth lebih banyak digunakan di ponsel.
  3. Sinyal WiFi jauh lebih kuat daripada sinyal Bluetooth
  4. WiFi memiliki lebih banyak bandwidth dibandingkan dengan Bluetooth

1 komentar: