Perbedaan Antara Asteroid dan Meteor

Ukuran asteroid relatif kecil, dan tidak aktif seperti bintang, asteroid tersusun dari batuan yang mengorbit pada Matahari sementara meteor adalah fenomena cahaya yang terjadi ketika sebuah partikel dari sebuah komet atau asteroid (Meteoroid) memasuki atmosfer bumi dan menguap karena gesekan dengan lapisan atmosfer. Fenomena ini juga dikenal dengan istilah bintang jatuh.

Para ilmuwan mengatakan jika beberapa asteroid mendekati bumi dan sebagian ada yang dapat menghantam bumi, karena ukurannya yang begitu besar, hingga tidak habis terkikis saat bergesekan dengan atmosfer buni. Asteroid yang belum terkikis habis menjadi meteor dan berhasil menghantam bumi seringkali menciptakan kawah, seperti kawah yang tercipta di Semenanjung
Yucatan di Meksiko.

Orang Yunani menggunakan istilah meteor untuk menunjuk pada beberapa fenomena di atmosfer termasuk halos, pelangi, bintang jatuh, bolides, dan lain-lain. Tapi ilmuwan modern menggunakan istilah meteor hanya untuk menunjuk pada suatu jalur yang bercahaya seperti bintang jatuh, bola api, dan lain-lain. Pada zaman kuno meteor dihubungkan pada keyakinan tertentu namun menurut ilmuwan modern meteor dihasilkan dari inflamasi gas di atmosfer. Menurut para ilmuwan, meteor dan asteroid sangatlah jauh berbeda.

Para ilmuwan yakin asteroid adalah sisa-sisa batuan dari proses awal yang menyebabkan pembentukan tata surya dan biasanya berusia lebih dari tiga miliar tahun. Kebanyakan asteroid terdiri dari material batuan tetapi ada beberapa yang mengandung logam seperti nikel dan besi. Ukuran asteroid sangat bervariasi, ada yang kecil-kecil, tapi ada pula yang berdiameter hingga ratusan mil. Asteroid kebanyakan berada di sabuk asteroid yang berada diantara orbit planet mars dan jupiter.

Meteor hampir dapat disaksikan setiap hari terutama pada malam yang cerah, dalam semalam delapan
sampai sepuluh bintang jatuh bisa ditonton oleh seseorang. Meteor akan nampak jelas di pagi dan sore hari. Kira-kira dua puluh juta meteor memasuki atmosfer setiap hari sedangkan asteroid mungkin melewati bumi hanya sekali dalam ratusan atau ribuan tahun.

1 komentar: