Perbedaan Antara Karate dan Judo

 Karate dan judo merupakan dua jenis seni bela diri yang  berasal dari Jepang. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Judo biasanya disebut sebagai seni bela diri lembut terutama karena melibatkan manuver tubuh untuk menjatuhkan lawan. Sedangkan karate biasa disebut sebagai seni bela diri keras karena, menyerang dengan cara memukul tubuh lawan, dan menangkis serangan lawan.

Seorang atlet Karate biasanya akan menyerang lawan dengan memukul atau menendang, sedangkan seorang atlet Judo akan berusaha untuk melempar jatuh lawannya. Seorang Atlet Karate akan berusaha menjatuhkan lawan dengan membuatnya merasa sakit atau cedera, sedangkan atlet judo akan berusaha bergulat, menguasai dan menjebak lawannya, hingga lawannya terlalu lelah untuk bertarung.

Dalam karate, seseorang akan menggunakan energi dari alam untuk menangkis serangan dan menyerang balik. Sedangkan pada Judo, energi lawan akan dialihkan, dan membuat
lawan terlempar ke bawah. Dalam olahraga karate, seseorang akan mendapat poin jika dapat menendang dan meninju lawannya. Sedangkan pada judo poin didapatkan dengan bergulat dan melemparkan tubuh lawan. Sebagai olahraga Karate melibatkan mendapatkan poin untuk menendang dan meninju, sedangkan di poin Judo harus memiliki untuk bergulat dan melemparkan lawan sebagai salah satu akan di gulat. Dalam Judo tubuh dan berat badan harus dipertimbangkan dengan baik, terutama saat duel satu lawan satu, karena hal tersebut sangat mempengaruhi jalannya pertarungan. Dalam karate lebih menitik beratkan pada kekuatan kaki dan tangan dalam menyerang lawan.


Karate bersifat menyerang dan merupakan bentuk agresif dari sebuah seni bela diri, sedangkan Judo adalah bentuk murni dari seni bela diri untuk bertahan. Karate menjadi teknik bertarung yang dramatis dan seru, tidak seperti judo yang kebanyakan melakukan gerakan merengkuh lawannya. Dalam karate, teknik menangkis serangan, melancarkan serangan ke lawan duel atau ke suatu benda (misalnya papan, batu bata, dll) nampak sangat spektakuler. Hal ini menjadikannya lebih sering ditampilkan dalam film dan televisi.

Judo dan Karate memiliki pendekatan yang sangat berbeda dalam sebuah pertarungan. Dalam Judo penekanannya bukan pada daya dan kekuatan belaka. Tetapi lebih cenderung pada sikap bertahan yang lembut tapi tegas, menenangkan tubuh dan pikiran dalam pertarungan satu lawan satu, sehingga dapat menguasai lawan. Karate memiliki gaya bertarung yang frontal, anda harus berani menangkis serangan lawan secara langsung, dan membalas serangannya dengan memukul atau menendang lawan.

Ringkasan:
  1. Judo adalah seni bela diri lembut yang melibatkan manuver tubuh untuk menghadapi lawan. Karate dapat disebut sebagai seni bela diri keras dengan mendaratkan pukulan pada tubuh lawan
  2. Karate bersifat memukul lawan, sedangkan Judo melawan dengan bergulat, merangkul atau menjatuhkan agar lawan jatuh kelelahan.
  3. Dalam olahraga Karate, untuk mendapatkan poin, seorang atlet harus menendang dan meninju lawannya. Sedangkan dalam judo,  poin akan didapat dengan bergulat dan melemparkan lawan.
  4. Karate cenderung frontal dalam menyerang dan merupakan agresif dari sebuah seni bela diri, sedangkan Judo adalah bentuk murni dari seni bela diri bertahan.

1 komentar: