Perbedaan Domba Dalam Berbagai Kategori

Domba adalah salah satu hewan yang pertama dijinakkan oleh manusia dan masih tetap bgernilai hingga saat ini. Domba sangat dibutuhkan manusia terutama untuk diambil wol sebagai bahan pakaian, susu, dan dagingnya untuk dikonsumsi. Dewasa ini, ada lebih dari satu miliar domba yang merumput di berbagai belahan dunia, terutama Cina, Australia, Inggris, dan India. Bagi orang awam, mungkin domba tidak dapat dibedakan satu sama lain, tapi untuk seorang peternak domba, perbedaan antara jenis domba sangatlah penting, untuk menghasilkan keuntungan dalam
usaha peternakan mereka.

Kategorisasi Domba
Domba adalah hewan ternak, ruminansia, berkaki empat dan mamalia, termasuk spesies Ovis aries. Domba adalah nama keseluruhan spesies ini, tetapi dibagi dalam berbagai kategori lainnya. Lambs merujuk pada domba muda yang berusia kurang dari satu tahun. Ewes merujuk pada domba betina yang berusia lebih dari satu tahun. Rams adalah domba jantan yang tidak dikebiri dan berumur lebih dari satu tahun. Wethers adalah domba jantan dewasa yang dikebiri.

Domba sebagai Makanan
Pengetahuan mengenai usia domba sangatlah penting bagi seorang peternak, karena berfungsi untuk memaksimalkan keuntungannya secara ekonomis. Baik domba yang dewasa maupun muda, sama-sama dapat dikonsumsi dan memang banyak peminatnya. Di pasaran, daging domba muda lebih diminati daripada domba yang sudah dewasa, sehingga membuat daging domba muda dihargai lebih tinggi. Daging domba yang usianya belum genap setahun adalah yang paling banyak diminati. Begitu sudah melewati batas setahun, biasanya domba tersebut kurang diminati.  Di beberapa negara daging domba tidak dikonsumsi secara keseluruhan. Misalnya di amerika, domba hanya diambil dagingnya pada bagian kaki dan rusuk saja. Sedangkan bagian lain akan diekspor atau diolah lebih lanjut. Alasannya adalah daging pada bagian tersebut lebih lembut, sedangkan daging pada bagian lain kurang diminati.

Domba Muda dan Domba Dewasa
Domba termasuk hewan ruminansia, yang berarti bahwa domba adalah herbivora yang memakan berbagai jenis rumput dan kacang-kacangan. Domba dewasa memiliki delapan gigi seri. Setelah seekor domba lahir, giginya serinya akan tumbuh sepasang setiap tahun selama empat tahun. Hal itu terjadi hingga delapan gigi serinya berjajar rapi. Hal ini menunjukkan jika selama empat tahun pertama, seekor domba makan makanan padat. Domba selalu memiliki sepasang gigi yang tajam untuk memotong rumput. Domba lahir dengan gigi susu yang tidak cukup kuat untuk mengkonsumsi makanan yang tersedia di tempat penggembalaan. Domba muda mengkonsumsi susu induknya. Susu domba mengandung kadar lemak tinggi dan berisi laktosa yang sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan. Setelah sepasang gigi seri pertamanya tanggal, domba akan berhenti mengonsumsi susu, dan mulai memakan rumput, kemudian sudah disebut sebagai domba dewasa.

Ringkasan:
  • Domba nama umum yang diberikan kepada spesies Ovis aries, tapi domba juga dikategorisasikan menurut usia dan jenis kelaminnya.
  • Daging domba muda lebih lembut dan banyak peminatnya daripada daging domba yang sudah dewasa. Daging domba muda masih banyak diminati selama usianya belum satu tahun.
  • Domba dewasa memakan rumput dan kacang-kacangan, sedangkan domba muda hanya mengkonsumsi susu induknya yang mengandung lemak tinggi.

1 komentar: