Perbedaan Google dan Yahoo

Yahoo dan Google adalah dua situs besar yang saling bersaing satu sama lain untuk menyediakan berbagai layanan bagi pengguna internet di seluruh dunia. Akhir-akhir ini, keduanya telah mulai melakukan diversifikasi ke layanan lain yang lebih luas. Anda dapat dengan mudah membedakan antara dua website tersebut setelah anda membuka beranda halaman web mereka masing-masing. Google adalah mesin pencari yang pertama dan paling utama saat ini, google telah menjadi mesin pencari yang paling dominan untuk waktu yang lama. Pertumbuhan google sangat pesat, dengan membawa kesan sederhana pada halaman utamanya, kemampuannya dalam menemukan yang diinginkan oleh penggunanya membuatnya unggul dibandingkan pesaingnya. Yahoo kini juga telah berubah dari mesin pencari biasa menjadi
portal web yang sangat lengkap. Segera setelah Anda masuk ke situs yahoo, anda akan dibanjiri dengan semua berita terbaru dan kejadian terkini, hiburan, olahraga, baik lokal maupun global.

Kedua situs tersebut juga menawarkan layanan gratis kepada penggunanya melalui login terpadu, yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses semua layanan lainnya. Yang paling populer dari keduanya adalah tersedianya email web gratis bagi setiap pengguna layanannya. Yahoo juga memiliki produk lain yang sangat populer, yaitu Yahoo Messenger. Aplikasi ini memungkinkan seseorang dapat berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman mereka atau bahkan komunikasi suara seperti Skype. Google juga telah mengembangkan aplikasi pesan mereka sendiri yang disebut Google Talk yang kini mulai diganti dengan google hangout.

Google telah mulai menjelajah ke banyak layanan lain dan tidak mengikuti tren yang berlaku. Misalnya layanan Google Doc, yaitu layanan yang memungkinkan penggunanya dapat mengerjakan dokumen mereka secara online. Mengetik dokumen dalam bentuk word atau spreadsheet dapat dikerjakan melalui browser, kemudian file yang dihasilkan dapat segera disimpan di dalam server Google. Hal ini memberikan akses bagi penggunanya dari mana saja dan kapan saja, bahkan bisa berbagai dengan pengguna lainnya disaat yang bersamaan selama masih terhubung dengan internet.

Google juga memasuki ranah perangkat lunak bagi konsumennya dengan mengembangkan web browser mereka sendiri yang disebut Chrome. Mereka bahkan sudah membuat sistem operasi mereka sendiri dengan sistem cloud. Produk yang kini sangat populer selain mesin pencarinya adalah Android. Sebuah OS untuk ponsel pintar yang sangat populer karena sifatnya yang open source.

Ringkasan:
  • Google adalah mesin pencari sederhana sedangjkan Yahoo kini lebih difokuskan menjadi portal web.
  • Yahoo sudah sejak lama memiliki aplikasi messenger sedangkan Google masih cukup baru
  • Google telah menawarkan kemampuan yang lebih maju seperti Google Docs sedangkan Yahoo tidak memiliki layanan tersebut.
  • Google sudah mengembangkan browser, sistem operasi untuk PC dan smartphone sedangkan Yahoo tidak melakukannya.

2 komentar: