Perbedaan Antara Keyboard Dan Piano

Sebuah keyboard elektronik umumnya memainkan suara yang sudah direkam sebelumnya sebagai respon saat tombolnya ditekan, sedangkan Piano adalah alat musik yang menciptakan suara melalui perkusi dan senar.

Sebuah keyboard hanya memainkan suara rekaman yang dimilkinya saja, dan tidak bisa menghasilkan suara sendiri. Karena itulah musik yang dihasilkan dari keyboard kurang bervariasi. Keyboard adalah peralatan elektronik dan bagian utama alat musik ini terdiri dari papan tuts yang seperti ada pada piano, dan ini adalah satu-satunya bagian yang dapat bergerak pada
keyboard.Di bawah keyboard terdapat matriks kunci yang sebenarnya adalah papan sirkuit yang berguna untuk mengenali tuts mana yang ditekan. Dengan ditekannya salah satu tuts keyboard, akan ada program perintah yang terpicu. Lalu dilanjutkan oleh perangkat lunak yang menafsirkan input pengguna untuk menciptakan output. Program ini umumnya tertanam pada chip. Dalam keyboard juga terdapat speaker atau konektor amplifier sebagai alat untuk output suara. Keyboard umumnya akan memiliki berbagai pilihan suara seperti seruling, drum, piano, organ, dll Ada juga yang memiliki fasilitas perekaman sehingga anda dapat merekam setiap komposisi musik yang anda buat.


Piano adalah alat musik yang secara fisik menghasilkan suara sendiri. Ketika tuts pada piano ditekan maka palu kecil akan memukul senar baja dan peredam bunyi akan terangkat. Setelah palu memukul, senar akan terus bergetar. Getaran ini bergema melintasi jembatan dan menuju papan suara yang akan menghasilkan suara yang bagus untuk didengar. Ketika tuts pada piano dilepas, peredam akan menahan senar dan menghentikan getaran untuk meredam suara yang timbul. Suara piano dapat berubah-ubah seiring waktu berdasarkan pada ketegangan senar atau kekuatan pukulan palu pada senar. Hal tersebut menjadikan piano memerlukan perawatan yang berkelanjutan, ada bagian yang perlu diganti atau direkondisi. Bagian piano yang menjadi komponen gerak sangat memerlukan perhatian ekstra, bagian bergerak ini dapat rusak karena ukuran atau beratnya yang bervariasi. Perawatan yang berkesinambungan akan menjaga piano agar tetap menghasilkan suara yang selaras.

Keyboard harganya lebih murah jika dibandingkan dengan piano, keyboard juga tidak memerlukan perawatan rutin seperti piano. Tetapi pecinta musik dan pemain piano profesional lebih menyukai suara yang dihasilkan piano, dibandingkan dengan suara yang dihasilkan keyboard.

Ringkasan
  • Keyboard adalah suatu peralatan elektronik yang memainkan rekaman suara sedangkan piano adalah alat musik yang menciptakan suara melalui perkusi dan senar.
  • Keyboard adalah peralatan elektronik yang tidak membutuhkan perawatan rutin sedangkan piano membutuhkan perawatan konstan dan penggantian suku cadang secara berkesinambungan.
  • Keyboard harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan piano.
  • Musisi profesional dan pecinta musik lebih memilih piano sebagai instrumen musik, dibandingkan dengan keyboard.

3 komentar: