Perbedaan Antara Nikon D80 dan D60

Nikon D80 dan D60 merupakan dua tipe kamera DSLR yang diproduksi oleh Nikon. D80 sering dijuluki sebagai versi ekonomis dari D200 yang harganya jauh lebih mahal sementara D60 dianggap sebagai upgrade dari tipe D40. Spesifikasi dari kedua kamera tersebut hampir serupa, keduanya memiliki sensor yang hampir identik satu sama lain, begitu pula resolusi yang dimiliki keduanya. Untuk kualitas LCD, tipe kamera D60 sedikit lebih baik, meskipun ukuran LCD keduanya masih serupa.

Kelebihan dari tipe D80 terletak pada sejumlah fitur canggih yang biasanya hanya ada di tipe kamera yang lebih mahal. Yang pertama adalah
jangkauan area fokus yang lebih banyak. D60 hanya memiliki tiga area fokus sedangkan D80 memiliki 11 area fokus. Anda dapat fokus dengan tepat pada subjek foto anda dengan tipe kamera D80 dan juga memiliki gambar yang lebih tajam tanpa harus mengubah komposisi. Jika anda menggunakan D60, anda diminta mengubah komposisi agar hasil bidikan anda lebih sesuai dengan keinginan anda. Anda juga dapat menggunakan fitur autofocus pada kamera D80, tidak peduli apakah anda menggunakan lenda AF-S atau lensa non AF-S. Sedangkan fitur autofocus D60 hanya dapat berfungsi saat anda menggunakan lensa AF-S, jika menggunakan lensa non AF-S anda harus mengatur fokusnya secara manual.

Meskipun tertinggal dalam segi fitur-fitur yang penting, tipe kamera D60 juga memiliki teknologi yang tidak anda temui di tipe kamera D80. D60 memiliki sensor mata yang dapat mendeteksi ketika anda melihat melalui jendela bidik, kemudian kamera akan mematikan layar LCD secara otomatis untuk menghemat daya. Fitur ini akan sangat terasa membantu bagi fotografer yang seringkali beralih di antara jendela bidik dan layar LCD. D60 juga memiliki unit sensor pembersih debu yang membantu anda mencegah debu merusak hasil akhir foto anda.

Pilihan akhir yang tepat bagi konsumen antara D80 atau D60, sebaiknya tetap disesuaikan dengan tingkat kemahiran dan kebutuhan masing-masing pengguna. Untuk fotografer yang sudah akrab dengan dunia fotografi dan mencari alternatif kamera yang lebih murah dari tipe D200, tipe kamera D80 adalah pilihan yang tepat dengan fitur-fitur canggihnya. Untuk fotografer pemula yang ingin kamera berkualitas dan memiliki kemampuan menangkap gambar yang baik, tipe D60 adalah pilihan yang baik karena fitur-fiturnya yang lengkap, memiliki baterai yang lebih tahan lama dan jeda waktu pembersihan menyeluruh yang panjang. 

Ringkasan:

  1. Nikon D80 adalah versi ekonomis dari D200 sementara D60 merupakan versi peningkatan dari tipe D40.
  2. D60 memiliki kualitas LCD yang lebih baik dibandingkan dengan D80.
  3. D80 memiliki 11 area fokus, sedangkan D60 hanya memiliki 3 area fokus.
  4. D80 bisa fokus dengan lensa non AF-S sementara D60 tidak bisa.
  5. D60 memiliki unit sensor pembersih debu,  sedangkan tipe D80 tidak memilikinya.
  6. D60 memiliki sensor mata sedangkan D80 tidak.

1 komentar: