Perbedaan Antara Sel Hewan Dan Sel Tanaman

Sel hewan dan sel tanaman memiliki beberapa perbedaan dan kesamaan. Misalnya, sel hewan tidak memiliki dinding sel atau kloroplas, sedangkan sel tumbuhan memiliki keduanya.  Sel hewan berbentuk bulat dan bentuk yang tak beraturan, sedangkan sel tanaman bentuknya tetap dan persegi panjang. Sel hewan dan sel tanaman memiliki beberapa kesamaan, misalnya sama-sama memiliki sel membran, dan sel organel, nukleus, mitokondria dan endoplasmic retikulum.



Tabel Perbandingan


Sel Hewan
Sel Tanaman
Dinding Sel
Ada
Tidak ada (terdiri dari selulosa)
Bentuk
Bulat(Tak beraturan)
Persegi panjang (beraturan)
Vakuola
Ukuran vakuola kecil, jumlahnya bisa lebih dari satu
Ukuran vakuola  90% dari keseluruhan sel.
Centrioles
Ada pada tiap sel hewan
Hanya ada pada bagian bawah tanaman.
Kloroplas
Tidak ada.
Ada dan berguna untuk memproduksi makanan.
Plastis
Tidak ada
Ada
Plasma Membran
Hanya membran sel
Dinding sel dan membran sel
Lisosom
Lisosom ada di cytoplasma.
Lisosom biasanya tidak ditemukan.
Cilia
Ada
Kebanyakan sel tanaman tidak ada cilia.

Kloroplas
Tanaman memproduksi sendiri makanannya, melalui proses fotosintesis dengan bantuan sinar matahari. Menggunakan sel organel yang dimilikinya yang disebut kloroplas, tanaman dapat memenuhi kebutuhan bagi dirinya sendiri. Sel hewan tidak memiliki kloroplas, energi yang dibutuhkan didapatnya dari glukosa melalui proses respirasi selular. Respirasi ini terjadi dalam mitokondria dalam sel hewan, disinilah energi yang dibutuhkan tanaman dapat diproduksi.

Bentuk Sel
Perbedaan lain antara sel hewan dan sel tanaman adalah, bentuk sel hewan yang bulat dan tak beraturan, sedangkan bentuk sel tanaman tetap dan persegi.
Selain itu, semua sel hewan memiliki inti, sedangkan pada sel tanaman tidak semuanya memiliki inti, dan hanya pada bagian bawah tanaman saja yang memiliki inti.


Dinding Sel
Sel tanaman memiliki dinding sel yang kaku mengelilingi membran sel. Sel hewan tidak memiliki dinding sel. Jika kita lihat melalui mikroskop, dinding sel nampak jelas memisahkan tiap sel tanaman.

Vakuola
Ukuran dan bentuk Vakuola
Sel  hewan bisa memiliki satu atau lebih vakuola dengan ukuran kecil, sedangkan pada sel tanaman, vakuola hanya ada satu dan ukurannya cukup besar, sekitar 90 % ukuran sel tanaman adalah vakuola.

Perbedaan fungsi Vakuola
Dalam sel tanaman, fungsi vakuola adalah untuk menyimpan air dan mengatur pembesaran sel. Vakuola pada sel hewan berfungsi untuk menyimpan air, ion dan sisa proses respirasi.

1 komentar: