Perbedaan Antara Sepatu Tennis dan Sepatu Lari

Ada perbedaan besar antara sepatu tenis dan sepatu lari. Namun, beberapa orang menganggap keduanya sebagai sneakers saja, dan tidak berusaha memilih sepatu yang tepat untuk tiap jenis olahraga tertentu.  Padahal jika anda mengenakan jenis sepatu yang salah, maka resiko cedera akan meningkat, selama anda mengenakannya saat berolahraga.

Pertama-tama kita telaah mengenai sepatu tenis. Sepatu tenis bobotnya sedikit lebih berat, tapi ukurannya lebih ramping untuk meningkatkan kelincahan saat bermain. Sedangkan, sepatu lari biasanya lebih ringan daripada
sepatu tenis. Sepatu lari dirancang untuk mendukung gerak maju, sehingga terdapat bantalan yang lebih tinggi untuk melindungi pergelangan kaki. Bantalan pada sepatu tenis tidak setinggi pada sepatu lari, karena petenis akan bergerak ke berbagai arah. Sepatu yang tinggi akan memperlambat gerakan pemain tenis.


Sepatu lari dirancang untuk dapat menyerap tekanan dan untuk mengurangi efek negatif dari berlari. Itulah sebabnya bantalan pada sepatu lari lebih tebal. Tanpa bantalan sepatu, seorang pelari akan cepat merasa lelah. Karena tubuh akan banyak menyerap efek kejutan yang diterima saat berlari.
Sebaliknya, sepatu tenis memiliki sol yang sangat tipis dan ramping dengan sedikit bantalan. Sepatu tenis juga sangat lentur dan fleksibel. Spesifikasi desain ini dimaksudkan untuk memberikan petenis keleluasaan dalam bergerak ke segala arah. Dengan sepatu yang fleksibel dan ramping, pemain tenis akan dapat dengan mudah mengeksekusi gerakan lateral.

Kedua jenis sepatu tersebut umumnya terbuat dari karet. Namun bagian tumit sepatu lari lebih tebal dan lembut, hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan penyerapan kejutan dan traksi selama berlari. Bagian tumit sepatu tenis cenderung lebih tipis dan lebih keras karena untuk meningkatkan stabilitas bagi pemain tenis yang melakukan berbagai gerakan yang berbeda.

Sepatu tenis dan sepatu lari memang berbeda satu sama lain. Sepatu tenis dirancang untuk meningkatkan kelincahan, sedangkan sepatu lari memiliki bantalan tebal yang dirancang untuk menyerap kejutan saat berlari.

2 komentar:

  1. Boleh juga sekarang sy pkai eclipson power cushion untuk main bulutangkis, unlockhp.com

    BalasHapus