Perbedaan Antara Juicer dan Blender

Alat elektronik rumah tangga yang hampir semua rumah memilikinya adalah blender dan juicer. Blender adalah alat dapur yang digunakan untuk menghaluskan makanan atau membuatnya jadi setengah padat. Blender menggunakan tenaga listrik dan menggunakan pisau yang berputar dengan kecepatan tinggi untuk mengiris makanan padat menjadi potongan-potongan kecil. Sedangkan juicer adalah suatu alat yang digunakan untuk memeras sari pati buah. Jenis Juicer yang palng banyak digunakan adalah juicer jeruk.

Blender terdiri dari wadah seperti toples atau gelas besar yang terbuat dari bahan plastik atau kaca dengan pegangan tangan, yang berguna untuk menampung makanan yang akan dicampur. Wadah ini dilengkapi dengan penutup untuk mencegah isinya memercik keluar, dan juga dilengkapi dengan pengaduk untuk membantu meratakan makanan yang sedang di-blender. Di bagian dasar wadahnya terdapat pisau yang bisa berputar dengan kecepatan tinggi dalam
memotong bahan makanan. Pisau tersebut dihubungkan dengan sebuah motor listrik kecil yang bisa diatur kecepatannya, sesuai dengan kebutuhan. Biasanya blender memiliki tiga atau empat pengaturan kecepatan.

Juicer jeruk terdiri dari bagian tengah bergerigi yang berbentuk seperti kerucut, di mana buah diperas  dengan menekan jeruk yang sudah dibelah menjadi dua. Kemudian hasil perasan jeruk akan keluar melalui lubang-lubang pada bagian bawah perasan jeruk. Ada pula juicer yang menggunakan listrik sebagai tenaga penggeraknya, sehingga memudahkan kita dalam menggunakannya. Juicer elektrik terbagi dalam beberapa jenis, juicer sentrifugal, masticating dan triturating. Juicer sentrifugal memiliki pisau yang menghancurkan buah dan kemudian menyaringnya ke dalam wadah, sementara masticating Juicer bekerja dengan menghancurkan daging buah dan kemudian menghisap sari buahnya, sedangkan juicer triturating menggunakan roda gigi ganda untuk menekan buah agar sari buahnya keluar dan terpisah dari ampasnya.

Perbedaan utama antara kedua peralatan ini adalah, blender hanya akan memotong makanan menjadi partikel yang kecil dan halus, yang biasanya akan dicampur dengan makanan lain, atau kadang dicampur dengan jus dari buah yang berbeda. Sedangkan juicer hanya akan memeras sari buah keluar dari buah itu sendiri. Oleh karena itu dalam jus yang dibuat dengan blender akan mengandung banyak serat , sedangkan jus yang dibuat dengan juicer hasilnya lebih encer karena tidak mengandung serat.

Ringkasan:

  1. Blender dapat menghasilkan pasta berair setengah padat dengan tekstur yang tebal sedangkan juicer hanya akan menghasilkan cairan murni untuk diminum.
  2. Blender relatif lebih mudah dan lebih cepat untuk digunakan karena mereka memiliki kecepatan yang tinggi sedangkan Juicer bekerja dalam kecepatan yang lambat namun stabil meskipun jus yang dihasilkan oleh juicer lebih murni, karena tanpa mengikutsertakan serat buah dalam hasil perasannya.
  3. Blender akan menghasilkan minuman dengan partikel kecil jika tidak disaring lebih dahulu, sehingga saat anda meminumnya anda akan merasakan bagian padat dari buah, sedangkan jus yang dibuat dengan juicer lebih seperti air minum biasa dengan rasa yang lezat.

1 komentar: