Perbedaan Antara DHA dan EPA

EPA dan DHA adalah asam lemak omega tiga yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Asam lemak ini tidak dapat diproduksi dalam tubuh manusia, dan karena itu harus disediakan dari sumber-sumber luar. Namun, peran DHA dan EPA dalam tubuh sangat berbeda satu sama lain. Mari kita cari tahu perbedaan keduanya.

DHA omega 3 adalah salah satu asam lemak yang paling kompleks dan bermanfaat dari asam lemak omega 3 yang lain. Perannya sangat penting untuk membantu perkembangan otak dan sistem saraf. DHA sangatlah dibutuhkan bagi tubuh, terutama bagi
wanita hamil. Untuk orang dewasa, fungsinya untuk membantu kerja otak orang dan sistem saraf.

EPA juga termasuk asam lemak yang sangat penting. Meski memiliki peran penting dalam perkembangan otak manusia, namun perannya lebih cenderung dimanfaatkan dalam sistem hormon dan kekebalan tubuh.

Peran DHA dapat dianggap lebih terkait dengan struktur dan fungsi tubuh. DHA merupakan bagian yang sangat penting dari membran sel dan sangat dibutuhkan pada jaringan saraf mata dan otak. Sedangkan EPA adalah prekursor untuk hormon yang penting, seperti zat kimia yang diproduksi dalam tubuh yang disebut eikosanoid.

Perbedaan yang menonjol antara keduanya adalah DHA lebih mudah diserap dalam tubuh manusia dibandingkan dengan EPA. Keduanya dapat anda dapatkan melalui makanan yang anda konsumsi. Sumber makanan yang banyak mengandung DHA dan EPA adalah minyak ikan. DHA juga ditemukan dalam jumlah besar di biji kenari, sayuran berdaun dan beberapa ganggang mikro. DHA juga digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan diabetes.

DHA dan EPA memiliki karakteristik dasar yang berbeda. DHA terdiri dari 22rantai karbon yang memiliki 6 ikatan ganda. Sedangkan EPA memiliki lima ikatan ganda. Inilah yang menyebabkan tubuh manusia kurang mampu menyerap EPA.

Kekurangan EPA dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti kulit kering dan depresi. Kekurangan DHA dapat mengakibatkan kurangnya fluiditas dalam membran sel, ADHD atau hambatan dalam perkembangan mental terutama pada anak-anak prematur.

EPA dan DHA adalah nutrisi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kekurangan salah satu asam lemak ini dapat menyebabkan kondisi yang parah seperti penyakit jantung atau gangguan saraf.

Ringkasan

  • DHA lebih mudah diserap dalam tubuh manusia
  • DHA mempengaruhi fungsi atau struktur tubuh manusia, sedangkan EPA lebih berkaitan dengan regulasi sistem sirkulasi.
  • Struktur dasar dari DHA berbeda dari EPA.

1 komentar: