Perbedaan Antara Tumor dan Kanker

 Tumor dan kanker adalah istilah yang ditakuti banyak orang. Terkadang seseorang ndapati dirinya terdiagnosa sakit tumor apalagi kanker. Di sisi lain, terkadang ada beberapa orang yang menganggap remeh suatu benjolan, dan tidak mengobatinya dengan tepat, hingga penyakit tersebut mencapai stadium akhir dan sulit diobati.

Mari kita telaah lebih lanjut, agar kita lebih memahami perbedaan antara tumor dan kanker, karena keduanya tidaklah selalu identik, namun ada perbedaan yang akan mempengaruhi cara perawatan dan penyembuhannya. Tumor adalah suatu kondisi di mana ada pertumbuhan sel yang tidak normal sehingga membentuk lesi atau dalam beberapa kasus, akan menimbulkan benjolan di beberapa bagian tubuh penderita. Sedangkan Kanker adalah suatu kondisi degeneratif di mana ada pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan menyebar dalam tubuh penderita.

Perlu diperhatikan jika tidak semua tumor dapat disebut sebagai kanker.  Terdapat tumor jinak di mana pertumbuhan hanya
terbatas pada bagian tertentu tubuh. Namun ketika tumor menjadi ganas, itu berarti tumor sudah menjadi kanker. Ini berarti bahwa pertumbuhan primer dapat menimbulkan beberapa pertumbuhan sekunder sehingga menyerang bagian-bagian penting dari tubuh penderita.

Anda juga harus perhatikan bahwa tidak semua penyakit kanker ditandai dengan pertumbuhan tumor terlebih dahulu. Kanker darah misalnya, kanker jenis ini tidak melibatkan tumor sama sekali. Namun, bila seseorang telah menderita tumor, akan lebih baik jika ia menjalani biopsi untuk menentukan apakah pertumbuhan sel termasuk  ganas atau jinak.


Tumor dapat diangkat dengan mudah melalui operasi dan penyakit tersebut bisa sembuh total. Sedangkan Kanker membutuhkan perawatan berkepanjangan seperti operasi, kemoterapi, dan terapi radiasi. Walau bagaimanapun, jika ada orang menderita salah satu dari penyakit tersebut, sebaiknya segera diobati. Tidak semua tumorberbahaya, sebagian besar jenis tumor tidak mengancam nyawa, sedangkan kanker adalah penyakit yang sangat serius dan membutuhkan perhatian medis yang intensif.

Jadi dapat kita simpulkan tumor dan kanker tidaklah sama. Sebuah tumor dapat bersifat jinak dan tidak akan berkembang menjadi kanker. Sedangkan kanker adalah kondisi dimana penyebaran dan pertumbuhan sel sangat abnormal dan tidak terkendali.

1 komentar: