Perbedaan Antara Kain Sutra dan Kain Satin

Sutra dan satin adalah dua bahan yang banyak digunakan karena tingkat kehalusan nya. Meskipun kedua jenis kain ini agak mirip dan memiliki tampilan yang sama, dua kain ini sangatlah berbeda.
Sutra alam adalah bahan alami, sedangkan satin adalah bahan sintetis atau buatan. Sutra terbuat dari kepompong yang dihasilkan oleh ulat sutra. Serat diambil dari kepompong dan dibuat menjadi benang, yang kemudian ditenun menjadi kain yang sangat halus.  Satin merupakan produk yang dapat diproduksi dari berbagai jenis bahan seperti sutra, nilon dan poliester.

Jika kita membandingkan sutra dan satin, dapat terlihat kalau sutra memiliki banyak kelebihan. Serat sutra lebih panjang, dan lebih tahan lama dibandingkan satin. Serat satin lebih halus dibanding sutra dan jika kita bicara soal
perawatannya, maka kita perlu memberikan perlakuan yang lebih padakain satin.

Sutra, yang merupakan serat protein alami, memiliki penampilan yang berkilauan. Satin memiliki permukaan mengkilap di satu sisi dan agak kusam di sisi yang lainnya. Munculnya efek kilauan sutra adalah karena struktur kain yang berbentuk prisma, yang membiaskan cahaya, hingga mampu memproduksi berbagai warna. Satin terbuat dari sejumlah serat yang mengapung (interlacing). Hal ini memberikan tampilan mengkilap dan juga permukaan yang halus pada kain satin.

Asal muasal kedua kain tersebut sama-sama dari Cina. Kain sutra berasal dari peradaban cina kuno (kemungkinan pada awal 6000 SM), sedangkan satin dikembangkan pada Abad Pertengahan. Satin mulai dikenal di pelabuhan Cina Zaitun (Quanzhou) di provinsi Fujian di mana para pedagang Arab membeli kain.

Benang sutra sangat sulit untuk dihasilkan, sebuah untaian tunggal dari benang sutra membutuhkan ribuan kepompong ulat sutra. Hal ini membuat harga kain sutra lebih mahal jika dibandingkan dengan kain satin. Karena Satin terbuat dari serat sintetis, biaya yang dibutuhkan untuk membuatnya jadi lebih rendah bila dibandingkan dengan sutra.

Satin dapat menyusut atau mengembang lebih besar dari sutra ketika diselupkan dalam air panas. Kain sutera dapat menahan air panas untuk waktu yang lama, kerena memiliki serat yang kuat. Kain sutra dapat dicuci menggunakan tangan memakai air dingin dan disarankan  untuk menghindari meremas-remas kain karena dapat merusaknya. Kain satin harus dibersihkan saat kering atau Dry Clean.




Ringkasan
  • Sutra adalah produk alami sedangkan satin adalah produk sintetis.
  • Sutra terbuat dari kepompong. Satin dapat diproduksi dari berbagai jenis bahan seperti sutra, nilon dan poliester.
  • Sutra lebih tahan lama dibandingkan satin
  • Sutra memiliki tampilan yang berkilauan, satin tampilannya cenderung glossy.


3 komentar:

  1. Kalo kain satin roberto cavali terbuat dari sutra ngga ya??!

    BalasHapus
  2. JAGUARQQ AGEN JUDI POKER ONLINE DAN AGEN DOMINO 99 TERPERCAYA DI INDONESIA
    Segera daftar dan bermain di JaguarQQ
    Hanya dengan minimal deposit dan withdraw sebesar Rp.15.000,-
    Anda sudah memiliki kesempatan untuk menangkan hingga jutaan rupiah
    JaguarQQ menyediakan 8 Game dalam 1 User ID diantaranya :
    -Poker
    -AduQ
    -BandarQ
    -Domino QQ
    -Capsa Susun
    -Bandar Poker
    -Bandar Sakong
    -Bandar 66 (NEW)
    Segera Gabung dan Dapatkan Promo Terbesar
    -Bonus Rollingan 0.5% Setiap Minggu nya (diproses setiap hari Jumat)
    -Bonus Refferal 20% Terbesar Seumur Hidup Tanpa Syarat Apapun
    Untuk info lebih lanjut Silahkan hubungi Cs JAGUARQQ:
    LiveChat 24 Jam Online
    PIN BBM : 2AE76E22
    WA : 081319506846
    WEBSITE :www.jaguarqq.info

    BalasHapus
  3. menambah pengetahuan sekali makasih

    EMI

    BalasHapus