Perbedaan Vena dan Arteri


 Arteri dan vena adalah dua jenis pembuluh darah pada tubuh manusia. Meski sama-sama pembuluh darah, tapi fungsinya agak berbeda. Arteri bertugas membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh, sedang pembuluh vena bertugas membawa darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung kembali. Semua arteri kecuali arteri pulmonalis dan arteri pusar, membawa darah yang kaya oksigen, sementara semua pembuluh vena membawa darah yang kandungan oksigennya telah diambil oleh
sistem tubuh.


Arteri merupakan dasar dari sistem peredaran darah dan fungsi utamanya  adalah untuk membawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan melalui darah ke seluruh sel-sel dalam tubuh. Selain itu, arteri juga harus menghilangkan karbon dioksida dan bahan limbah lainnya, menjaga keseimbangan kimia, mobilitas protein, sel dan unsur-unsur lain dari sistem kekebalan tubuh. Fungsi utama dari vena adalah untuk mengangkut darah yang kandungan oksigennya diambil oleh jaringan tubuh, lalu kembali ke jantung. Kecuali vena yang menjadi pembuluh darah paru dan pusar. Selain itu, pembuluh arteri juga lebih mempunyai kekuatan otot daripada pembuluh vena.

Vena dikelompokkan dalam beberapa kelompok, antara lain yaitu pembuluh luar (karena posisinya dekat dengan permukaan kulit dan tidak memiliki kesesuaian dengan pembuluh arteri), pembuluh dalam (karena memiliki kesesuaian dengan arteri dan posisinya lebih dalam), pembuluh paru (yaitu pembuluh yang mengangkut darah beroksigen dari paru-paru menuju jantung) dan yang terakhir adalah vena sistemik (yaitu pembuluh yang mengalir di seluruh jaringan tubuh dan mengangkut darah yang kandungan oksigennya telah diambil oleh jaringan tubuh).

Sedangkan pembuluh arteri, diklasifikasikan antara lain pembuluh sistemik (menjadi bagian dari sistem kardiovaskular),pembuluh paru (membawa darah menuju paru-paru), aorta dan arteriol.

Arteri membawa darah yang berwarna merah terang karena mengandung banyak oksigen sementara pembuluh vena memiliki darah berwarna merah gelap. Pembuluh arteri semakin terbagi ke dalam pembuluh yang lebih kecil, tidak seperti pembuluh vena. Sedangkan vena adalah susunan tubular elastis yang tipis dan rapuh jika dibandingkan dengan pembuluh arteri. .

Lapisan luar arteri terdiri dari jaringan ikat yang mencakup lapisan tengah dari jaringan otot. Jaringan ini simultan dengan detak jantung dan dapat menjadi tanda jika sebuah organisme masih dalam keadaan hidup. Lapisan paling dalam arteri adalah sel endotel halus yang membantu dalam kelancaran arus darah.

Struktur jaringan pembuluh vena mirip dengan arteri tetapi tugasnya jauh berbeda. Pembuluh vena akan rusak jika darah tidak mengalirinya, hal ini tidak terjadi pada pembuluh arteri yang akan tetap dalam kondisi baik meski darah tidak mengalir didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar