Perbedaan Antara Aikido dan Karate

Aikido dan Karate adalah jenis seni bela diri yang sangat populer dan banyak orang yang mempelajarinya dari berbagai belahan dunia. Konsep bela diri ini berdasar pada kelembutan dan kekerasan. Aikido dianggap sebagai seni bela diri 'yang mengandung kelembutan' sedangkan karate dikelompokkan sebagai teknik ' yang mengandung kekerasan'. Meski kedua jenis beladiri ini nampak
bertentangan, sebenarnya memiliki banyak kesamaan.




Sebagian besar orang percaya jika seni bela diri Aikido adalah teknik yang sangat pasif. Namun, sebenarnya aikido merupakan teknik beladiri yang sangat berbahaya. Prinsip dasar dari Aikido sama dengan prinsip seni beladiri pada umumnya, yaitu untuk membunuh lawan. Menurut seorang guru aikido, seseorang yang tidak terlatih tidak tahu cara untuk mengatasi saat jatuh dan terlempar, bisa saja dia mematahkan leher, punggung, atau sendinya sendiri. Banyak orang berpendapat jika karate adalah teknik yang mematikan. Padahal pada teknis dan mental, karate hanya menerapkan teknik yang lebih lembut. 

Pada awalnya, seorang murid yang mempelajari karate perlu mempelajari pukulan dasar untuk mengembangkan kekuatan ototnya. Gerakan dasar ini juga akan membantu seorang praktisi untuk meregangkan otot sambil meninju dan menyalurkan kekuatan pada akhir pukulan. Kemudian, dia harus menyelaraskan pukulan dengan gerakan tubuhnya. Pada akhir pelatihan, seorang siswa karate harus sudah tahu bagaimana cara menerapkan teknik dengan mengendurkan dan mengencangkan otot. Pukulan yang dihasilkan selama tahap latihan ini terlihat lembut tapi sebenarnya sangatlah kuat.

Dalam prakteknya, hanya beberapa praktisi Karate saja yang bisa mencapai tingkat ini. Seorang pelatih karate harus menemukan cara yang paling mudah dan efisien untuk menerapkan pukulan melalui pelatihan yang ekstensif dan keadaan mental yang tepat.

Aikido juga memiliki konsep seperti ini. Kebanyakan teknik Aikido didasarkan pada gerakan yang berbentuk persegi, segitiga atau melingkar. Ketika seorang murid mulai berlatih, ia akan mulai berlatih dengan teknik dalam formasi persegi. Setelah beberapa bulan pelatihan yang intensif, akan dilanjutkan dengan melatih teknik formasi segitiga. Kemudian, ia akan diperkenalkan dengan formasi gerakan melingkar sesuai dengan kemajuan yang dicapainya. Pada setiap tingkat pelatihan, semua teknik yang mudah dan efisien diajarkan kepada siswa dengan tenaga yang sedikit.

Meskipun pelatihan Karate dan Aikido nampak berbeda, namun perkembangan teknik mereka tidak jauh berbeda. Dalam setiap tingkat pelatihan,murid yang telah lulus dapat mengubah gerakannya yang kaku dan keras menjadi ke tingkat murid yang mampu untuk bergerak dengan lebih efisien, praktis dan santai.

Karate dan Aikido memiliki tingkat kemampuan dan strategi pertempuran yang serupa. Pada tingkat pertama, seorang murid harus mampu mengendalikan lawan-lawannya melalui kombinasi gerakan yang beragam. Ketika lawan mulai menyerang, maka ia harus memukulnya. Pada tingkat selanjutnya, ia harus bisa membuat lawannya tak bisa bergerak, atau menggunakan kekuatan lawan untuk menyerang balik. Terakhir, yaitu tingkat tertinggi adalah teknik untuk mencegah konfrontasi dan usaha menerapkan harmonisasi keadaan.

Aikido dan Karate juga mempunyai kesamaan dalam: berpikir, keselarasan, koneksi, ketepatan waktu, pemanfaatan jarak dan keadaan tubuh. Seseorang harus memasrahkan keadaan mentalnya lebih dahulu sebelum lawan menyerangnya. Di Jepang, hal ini disebut Mushin atau keadaan pikiran alam bawah sadar.

Prinsip-prinsip inti dalam Karate dan Aikido mempunyai parameter yang sama. Dalam penerapan kedua teknik, seorang praktisi harus menggerakkan tubuhnya dengan cara yang paling mudah dan efisien tanpa menggunakan penahanan atau daya eksternal. Menurut para ahli, pinggul, tubuh dan pikiran bergerak secara simultan dan didorong oleh semangat internal yang besar, yang akan memberikan perasaan yang tak terbayangkan.

Ringkasan:

  1. Aikido adalah teknik yang mengandung kelembutan dalam gerakannya, namun tetap  didasarkan pada konsep asli seni bela diri yaitu untuk membunuh lawan.
  2. Karate adalah teknik seni bela diri yang keras dan mengharuskan seseorang untuk menerapkan pukulan keras terlebih dahulu untuk mengembangkan kekuatan otot.
  3. Kedua teknik membutuhkan kekuatan mental yang lebih besar dibanding kekuatan fisik.
  4. Aikido dan Karate memiliki banyak perbedaan, misalnya variasi dalam pelatihan, disiplin dan gerakannya.

1 komentar:

  1. If you would like an alternative to casually dating girls and trying to figure out the right thing to do...

    If you would rather have women pick YOU, instead of spending your nights prowling around in filthy bars and night clubs...

    Then I encourage you to view this short video to find out a weird secret that has the potential to get you your personal harem of hot women just 24 hours from now:

    Facebook Seduction System...

    BalasHapus