Perbedaan Antara Pilek dan Flu


Flu dan pilek adalah penyakit yang mengganggu pernapasan, keduanya sama-sama disebabkan oleh patogen, namun memiliki beberapa perbedaan. Kedua penyakit tersebut, memiliki gejala yang mirip satu sama lain. Oleh karena itu, agak sulit untuk membedakan kedua penyakit tersebut, jika hanya dengan melihat gejalanya saja.

Penyakit flu jauh lebih berbahaya dari sekedar pilek. Gejala yang muncul pada penyakit flu biasanya seperti demam, nyeri pada tubuh, kelelahan yang sangat ekstrim,
sakit kepala, dan batuk.
Pilek adalah penyakit yang lebih ringan daripada flu. Gejala yang dialami biasanya sakit tenggorokan, hidung beringus atau hidung tersumbat. Demam sangat jarang terjadi pada penderita pilek yang sudah dewasa, tetapi penderita berusia anak-anak terkadang mengalami pilek yang disertai dengan demam. Jika hanya pilek, pasien tidak harus dirawat inap secara intensif seperti penyakit yang kronis lainnya, semisal pneumonia dan infeksi bakteri.

Seseorang yang menderita pilek, biasanya akan cepat sembuh dalam beberapa hari saja. Namun untuk penyakit flu, seseorang bisa menderita selama beberapa hari atau bahkan beberapa minggu. Flu juga dapat berujung pada masalah kesehatan yang parah termasuk pneumonia dan harus menjalani rawat inap.

Gejala pilek biasanya diderita selama seminggu atau tiga hari setelah anda tertular. Namun jika gejala pilek tidak kunjung membaik setelah waktu seminggu, mungkin anda menderita infeksi bakteri, karena itu penggunaan antibiotik sesuai resep dokter akan diperlukan oleh tubuh.

Virus flu maupun pilek, sama-sama ditularkan melalui selaput lendir hidung, mata, atau mulut. Oleh karena itu, setiap kali anda menyentuh salah satu anggota tubuh tersebut, anda akan mudah tertular jika kondisi tangan anda mengandung virus. Oleh karena itu sangatlah penting untuk menjaga kebersihan tangan maupun menjaga kekebalan tubuh kepada penyakit. Dengan begitu anda tidak akan mudah jatuh sakit, meski banyak sekali virus yang merugikan berada di sekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar