Perbedaan Antara Kung Fu dan Karate

Jika anda melihat orang yang sedang berlatih kung fu atau karate, anda tidak akan pernah mampu membedakan gerakan mereka satu sama lain, kecuali anda adalah orang yang mengetahui dasar-dasar kedua jenis beladiri tersebut. Melalui artikel ini, kami berharap anda akan bisa membedakannya, meskipun tanpa pelatihan secara intensif.

Kung fu berasal dari Cina sedangkan karate berasal dari Kerajaan Ryukyu di Jepang. Pada mulanya, kung fu hanya jenis latihan spiritual yang membutuhkan konsentrasi tinggi dan mendalam serta disiplin diri. Kemudian dikembangkan sebagai salah satu jenis seni tempur yang sangat kuat. Sedangkan Karate dikembangkan dari
gabungan beberapa teknik beladiri, yaitu dari kempo Cina, beladiri Kerajaan Ryukyu dan dari seni beladiri tradisional Jepang.

Pergerakan karate sangatlah mendasar, linear dan sesuai dengan alam. Terdiri dari gerakan untuk menyerang, juga pukulan dan tendangan. Gerakan dalam karate cenderung ringan dan pendek, tekniknya berjeda dan cepat. Dalam kung fu, gerakan yang dominan adalah melingkar. Mereka menyebut teknik gerakan lembut, bahkan saat melakukan aksinya. Seorang ahli Kung Fu masih akan terlihat anggun saat menimbulkan rasa sakit bagi lawan bertempurnya. Meskipun kung fu cenderung gerakan melingkar sedangkan gerakan karate  linear, keduanya tetap akan memberi dampak yang sama terhadap lawan. Kung fu memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan karate. Sebagian besar gaya dalam kungfu diadopsidari tingkah laku hewan.

Anda juga bisa membedakan orang yang berlatih karate atau kung fu dengan hanya melihat pakaiannya. Biasanya, mereka yang berlatih karate mengenakan kimono atas yang tumpang tindih dan bertelanjang kaki. Warna kimono tidak perlu diperhatikan, tetapi warna sabuk kimono yang akan menunjukkan tingkat kemahirannya dalam karate. Sedang orang yang berlatih Kung fu, mengenakan pakaian sutra atasan Cina dengan kancing gaya katak dan sepatu datar yang lembut.

Secara keseluruhan, kung fu memiliki lebih banyak gaya dan teknik bertarung dibandingkan dengan karate. Gerakan yang dominan melingkar dalam kung fu juga membedakannya dari karate yang cenderung membungkuk ke arah gerakan linear.

2 komentar:

  1. nice inof thx for sharing yah kak

    EMI

    BalasHapus
  2. Seperti nya bagus beladiri kungfu karena lebih banyak jurusnya dan dalam gerakan menghasilkan kekuatan yang lebih besar

    BalasHapus