Perbedaan Antara Kamera SLR dan Kamera DSLR

Foto merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam sebuah kenangan. Sebelum masa fotografi digital, ada film yang menambil perannya. Walaupun film kini sudah mulai menghilang dari kehidupan masyarakat umum dalam beberapa tahun terakhir.

SLR atau kamera Single Lens Reflex adalah kelas kamera yang memungkinkan untuk bisa mengambil foto dengan kualitas yang lebih bagus. Kebanyakan kamera memiliki dua jalur cahaya dari objek foto, salah satu mengarah ke lensa itu sendiri sementara yang lain ke jendela bidik. Ini mengacu pada foto terakhir yang sedikit berbeda dari apa yang anda lihat di jendela bidik. Kamera SLR ini menggunakan mekanisme tertentu yang memungkinkan anda melihat melalui
lensa. Setelah Anda menekan tombol untuk mengambil gambar, mekanisme tersebut kemudian bergerak untuk membiarkan cahaya mencetak gambar di film.

Kebanyakan SLR digunakan dalam fotografi profesional, di mana sangat dibutuhkan kualitas foto yang terbaik. Tidak mengherankan jika sebagian besar fitur canggih hanya muncul di SLR dan tidak ada pada kamera biasa.

Pada masa awal fotografi,  jendela bidik LCD mulai populer. Karena jendela bidik LCD biasanya memakan waktu dalam menangkap gambar, hal tersebut membuat kurang nyaman bagi fotografer. SLR telah mulai menjadi kelas kamera high end dengan fitur yang lebih canggih, seperti kontrol manual, lensa yang bisa diganti-ganti.

DSLR atau versi Digital SLR pada dasarnya adalah sebuah SLR yang telah dikonversi, yang dahulu hanya menyimpan gambar melalui negatif film, kini penyimpanan gambar menggunakan kartu memori. Masih banyak fitur canggih SLR yang membuatnya jauh lebih unggul.


Kartu memori yang memiliki kapasitas tinggi kini sudah tersedia, hal ini membantu seorang fotografer
profesional sehingga tidak perlu mengganti media penyimpanan terlampau sering. Penggunaan sensor kualitas yang sangat tinggi ditambah dengan kemampuan untuk dapat segera meninjau gambar yang diambil, memberikan fotografer modern berbagai kemudahan.


Meskipun harganya beberapa kali lebih mahal dibandingkan dengan kamera lain, SLR dan DSLR adalah alat yang sangat diperlukan dalam fotografi profesional. Bahkan seorang yang memang punya hobi fotografi, dapat meningkatkan kemampuannya dalam bidang fotografi. Seperti kebanyakan teknologi yang selalu berkembang, begitu jpula teknologi dalam fotografi. DSLR ini hanya langkah evolusi yang berikutnya dari SLR.

1 komentar: