Perbedaan Antara Cappuccino dan Latte


 Cara pembuatan Cappucino yaitu dengan menggonakan kopi dicampur espresso yang dikenal pula dengan metode Italia, dengan penambahan susu yang masih beruap panas, kemudian dikocok hingga menghasilkan banyak buih.  Sedangkan Latte mengandung lebih banyak buih dan susu yang berstektur.  Cappucino merupakan salah satu minuman yang berasal dari
kopi, dengan harga paling murah, bahkan tersedia di berbagai tempat, mulai dari restoran, hotel, maupun cafe-cafe kecil.

Sedangkan jika anda ingin meminum Latte anda harus menuju ke kedai kopi, untuk memesan secangkir kopi latte. Satu lagi perbedaan latte dibanding cappucino, yaitu bahan dasar latte tidak melulu berasal dari kopi, terkadang ada yang menggunakan teh atau motcha sebagai pengganti. Bahkan jika anda berada di Italia dan memesan segelas latte, mungkin anda hanya mendapat segelas susu, karena latte adalah bahasa Italia yang berarti susu. Istilah kopi latte terkenal setelah penduduk Amerika yang mempopulerkannya.

Cara membuat latte juga berbeda dengan pembuatan cappucino. Moka yang sudah diseduh, kemudian akan dituangkan ke dalam cangkir yang berisi susu panas. Berbeda dengan latte yang dikenal dunia, latte Italia tidak mengandung banyak busa. Bahkan di beberapa tempat, latte bisa disajikan dalam gelas, bukannya cangkir. Sedangkan cappucino sudah menjadi tradisi,untuk disajikan dengan cangkir porselen yang mampu menyimpan panas. Busa yang dimiliki cappucino juga dimaksudkan untuk menjaga suhu, agar panas cappucino tetap terjaga dalam waktu lama.

Di awal abad ke-20 mesin pembuat espresso pertama diciptakan untuk menyeduh cappucino. Mesin itu mengalami perbaikan dan peningkatan baik dalam segi kualitas, maupun ukurannya yang lebih ringkas. Selama perang dunia kedua, popularitas cappucino tumbuh dengan pesat. 

Bahan yang paling penting dalam pembuatan secangkir cappuccino adalah tekstur dan temperatur susu yang dicampurkan. Biasanya sebuah espresso dibuat dengan cara menuangkan susu yang beruap panas secara langsung.diambil dan secangkir beruap panas susu dituangkan di atasnya. Cappucino ada banyak jenisnya, misalnya cappuccino chiaro (dikenal dengan cappuccino basah dan memiliki kadar susu yang lebih tinggi daripada cappuccino biasa), dan cappuccino scuro (dikenal sebagai cappuccino kering dan memiliki kadar susu yang rendah).

Saat ini telah dikembangkan satu seni yang dikenal dengan LatteArt, yaitu pembuatan satu gambar atau desain di secangkir latte dengan cara menuangkan susu ke dalam cangkir yang berisi mocha panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar