Perbedaan Antara AM dan FM

 AM dan FM adalah dua jenis metode atau frekuensi yang sangat populer dan sangat berbeda meskipun memiliki fungsi yang sama  yaitu, mengirimkan informasi melalui gelombang udara. AM adalah kepanjangan dari amplitudo modulasi sementara FM adalah kepanjangan dari frekuensi modulasi. Tapi apa sih yang dimaksud dengan  modulasi? Modulasi adalah tindakan memodifikasi aspek tertentu dari sebuah pembawa frekuensi sesuai dengan informasi yang akan sedang dikirim. Hal ini berarti jika AM memodifikasi amplitudo pembawa frekuensi sementara
FM memodifikasi frekuensi itu sendiri.

Teknologi AM lebih dahulu ditemukan dan diterapkan. Penerima sinyal mendeteksi perubahan pada amplitudo pembawa frekuensi dan memperkuat sinyal tersebut untuk diteruskan ke pengeras suara. Kesederhanaan dari desain teknologi AM menjadikan produksi radio penerima sinyal AM dapat diproduksi dalam jumlah besar. Tapi masalah yang dihadapi adalah sinyal AM yang sering kali terganggu oleh kondisi cuaca yang tidak menentu dan mendistorsi sinyal. Kesederhanaan desain ini juga membatasi penyiaran hanya dalam satu saluran suara, sehingga tidak memadai untuk mengirimkan suara stereo.

FM dikembangkan melebihi metode penyiaran AM dan menambah banyak keuntungan meski sedikit lebih rumit dibandingkan dengan AM. Yang pertama dan paling besar manfaatnya adalah kemampuan untuk mengirimkan dua saluran informasi pada saat yang bersamaan dengan menggunakan algoritma  yang canggih. Hal ini memungkinkan stasiun radio untuk menyiarkan saluran audio kanan dan kiri untuk memberikan suara stereo. Karena sebagian besar faktor alam yang dapat mengganggu gelombang radio hanya mempengaruhi amplitudo dan tidak mempengaruhi frekuensi dimana sinyal suara FM dikirimkan, hal ini membuat data yang dikirimkan melalui sinyal FM mempunyai kualitas yang lebih baik dibanding AM. Ini juga berarti jarak antara pemancar dan penerima sinyal FM tidak akan mempengaruhi kualitas suara.

Meski begitu, sinyal AM dapat mengirim informasi dalam jarak yang lebih jauh. Sinyal FM biasanya hanya efektif pada radius 50 mil dari stasiun pemancar, sedangkan gelombang AM akan dibiaskan di atmosfer dalam jarak jangkauan yang lebih jauh. Karena jangkauannya yang lebih jauh inilah, maka handytalky (radio panggil) lebih cenderung menggunakan sinyal AM meski kualitas suaranya kurang baik.

Kemajuan teknologi membuat persaingan antara AM dan FM dalam hal tingkat kompleksitas dan harga. Kebanyakan produsen bahkan dapat menerapkan seluruh sirkuit untuk menerima sinyal AM dan FM dalam satu chip, dan menjadikannya mendukung satu sama lain, bukan saling bersaing.

Ringkasan:

  1. Penyiaran AM lebih sederhana dibandingkan dengan FM, tapi perbedaan dalam kompleksitas dan harganya pada saat ini sangat tipis.
  2. Sinyal AM lebih rentan terkena gangguan sinyal dan penurunan kualitas suara dibandingkan dengan FM.
  3. Meski jarak jangkauan FM tidak jauh, namun kualitas suara yang dihasilkan tetap bagus selama masih dalam jangkuan pemancar.
  4. Penyiaran AM biasanya hanya menggunakan satu saluran suara (mono), sehingga sesuai digunakan untuk radio panggil.
  5. FM dapat mengirimkan suara stereo sehingga sangat ideal untuk musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar