Perbedaan Antara Gelato dan Es Krim

Sekarang kita akan membahas mengenai dua macam makanan penutup yang sangat disukai, yaiut gelato dan es krim. Meskipun keduanya sama-sama disajikan dalam keadaan dingin, dan beberapa macam gelato juga mirip dengan es krim, tapi gelato bukanlah es krim. Mari kita teliti lebih jauh agar kita dapat membedakannya.

Gelato dan es krim merupakan makanan penutup yag disajikan beku dan banyak orang yang menganggap keduanya
adalah makanan yang sama. Padahal sebenarnya tidak begitu, Tekstur kedua makanan tersebut mempunyai perbedaan. Gelato juga cenderung lebih lembut dan mudah mencair dibandingkan dengan es krim.

Cara penyajian kedua jenis makanan tersebut juga berbeda. Es krim disajikan dalam keadaan membeku, sedangkan gelato disajikan dan disimpan dalam suhu yang sedikit lebih tinggi dibandingkan es krim. Kandungan lemak dalam es krim sekitar 10% sedangkan gelato hanya mengandung lemak sebesar 5-7% saja. Bahan pembuat gelato terkadang ,menggunakan susu krim, dan kadang ada yang tidak mengandung susu sama sekali.

Ada perbedaan dalam proses pembuatan antara es krim dan gelato, Gelato dibuat dengan mengaduknya pada kecepatan lebih rendah dari es krim. Itulah sebab yang menjadikan gelato mempunyai tekstur yang lebih padat dan kadar udaranya kurang dari 25%, sementara es krim mengandung 50% udara.

Beberapa gelato yang berbasis air dan tidak mengandung susu, dapat dianggap sebagai salah satu makanan penutup bagi vegetarian. Gelato berbasis air banyak dikembangkan di wilayah selatan Italia sedangkan gelato berbasis susu dikembangkan di wilayah utara.

Es krim adalah makanan penutup yang berbahan dasar susu dan sangat berkembang di Amerika, kemudian menyebar ke seluruh dunia. Es krim terdiri dari dua padatan susu non-lemak dan padatan lemak susu.

Ringkasan

Es Krim: disajikan dalam keadaan beku; kandungan lemaknya tinggi; terbuat dari susu; mengandung lebih banyak udara

Gelato:
lebih mudah mencair; lebih lembut; kandungan lemak yang rendah dan kandungan  udaranya sedikit; diaduk pada kecepatan yang lebih rendah saat proses pembuatannya; sebagian ada yang berbahan dasar air dan tidak mengandung susu sama sekali; disajikan dan disimpan dalam suhu yang sedikit lebih tinggi dari pada es krim.

1 komentar:

  1. Jadi bedanya itu ya gan, saya kira sama saja. Tapi pengaplikasiannya di mesin pembuat es krim apa ya sama gan? :o

    BalasHapus