Perbedaan Antara Iklan dan Pemasaran

Iklan dan pemasaran mungkin memiliki banyak kesamaan dalam beberapa hal, tapi ada juga perbedaan yang khusus antara kedua istilah ini. Tujuan utama dari keduanya adalah untuk meningkatkan kesadaran konsumen akan suatu produk atau jasa dan untuk membentuk pelanggan yang dengan tujuan meningkatkan penjualan.

Iklan adalah komunikasi berbayar atau promosi tentang suatu produk atau jasa tertentu terutama bertujuan untuk
mempromosikan kesadaran masyarakat akan suatu merek. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang diiklankan.

Sedangkan pemasaran adalah perumusan ide-ide dan rencana untuk mendekatkan antara penjual dan pembeli, mengembangkan pangsa pasar, meningkatkan kesadaran merk dan merancang produk atau layanan, melakukan penelitian mengenai target pelanggan, mengiklankan fitur dan manfaat dari produk atau layanan yang ditawarkan; menyampaikan ide ke konsumen. Pemasaran adalah proses awal hingga akhirnya suatu produk sampai pada konsumen. Ini semua adalah alat untuk membangun bisnis anda.

Jadi dapat diambil kesimpulan, jika iklan hanyalah bagian dari proses pemasaran secara keseluruhan. Iklan menuntut strategi perencanaan yang baik seperti pemilihan media yang akan digunakan, baik melalui televisi, billboard atau sejenisnya. Termasuk didalamnya adalah pengaturan waktu, durasi dan frekuensi setiap iklan. Hal ini dimaksudkan untuk menginformasikan pada konsumen mengenai sasaran dari produk atau jasa tertentu. Semua itu dimaksudkan agar konsumen yang dijadikan target dapat memiliki ketertarikan kepada produk atau jasa yang ditawarkan. Dan jika konsumen telah membeli produk yang ditawarkan, maka tujuan iklan telah tercapai.

Pemasaran adalah proses secara keseluruhan. pemasaran adalah proses progresif yang mencakup berbagai hal seperti desain produk, manfaat produk, harga dan kinerja yang diharapkan dari sebuah produk, perencanaan media (termasuk iklan) dan strategi yang digunakan untuk mengasosiasikan produk dengan sistem masyarakat yang jadi target konsumen, layanan bagi pelanggan mengenai produk dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar