Perbedaan Antara Yoga Ashtanga dan Yoga Hatha

Yoga sebagai gaya hidup telah ada dan dikembangkan sejak beberapa abad yang lalu, dan sejak dulu telah dilatih dan dipraktekkan di berbagai penjuru India. Yoga lebih mengacu pada serangkaian latihan dimaksudkan untuk melatih fisik dan mental yang membantu seseorang untuk bisa mengendalikan tubuh secara optimal. Seorang praktisi yoga yang secara rutin melakukan latihan biasanya dipanggil sebagai yogi. Yoga juga merupakan bagian dari enam dasar dari ilmu mitologi Hindu, yang secara umum dibagi menjadi lima cabang. Yoga Ashthanga dan yoga hatha merupakan bagian dari lima cabang yang paling utama. Artikel ini bertujuan untuk memberi informasi lebih banyak bagi para pembaca yang ingin mengetahui lebih detail dan
spesifik tentang dua cabang yoga ini.

Yoga Ashtanga diyakini berasal dari teks kuno Yoga Korunta. Yoga Ashtanga berfokus pada metode yoga vinyasa. Tidak seperti metode lain, dalam metode ini lebih fokus kepada waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perubahan postur. Pada dasarnya pernapasan adalah kunci dalam mengendalikan perubahan postur dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya. Yoga Ashtanga  terdiri dari enam rangkaianpostur tertentu yang selalu dilakukan dan dipraktekkan dalam urutan yang sama, juga dikendalikan dengan menggunakan pola pernapasan yang sama pula. Tujuan dasar vinyasa adalah untuk menghasilkan panas dalam tubuh seseorang, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sirkulasi darah dan juga untuk mengeluarkan keringat. Latihan ini membantu dalam meningkatkan fleksibilitas tubuh dan juga meningkatkan kekuatan jaringan tubuh  dan tendon. Selain itu, juga dapat membantu dalam mengurangi risiko cedera ketika seseorang berlatih yoga pada tingkat yang lebih tinggi. Selain vinyasa dasar, ashtanga juga terdiri dari pelatihan tingkat yang lebih tinggi seperti Bandhas, Drishtis, Mantra dan lain-lain.

Hatha yoga mungkin salah satu bentuk yoga yang paling populer dewasa ini. Saat jenis yoga ini mulai diperkenalkan oleh Yogi Swatmarma di abad ke-15 dalam kompilasi 'Hatha Yoga Pradipika'. Yoga Hatha pada dasarnya merupakan fondasi untuk pemurnian latihan fisik bagi tubuh. Yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam berlatih meditasi pada tingkat yang lebih tinggi. Yoga Hatha adalah salah satu dari dua cabang yoga yang berfokus pada latihan fisik, cabang yoga yang lainnya yaitu Yoga  Raja juga berfokus pada hal yang sama. Latihan ini merupakan upaya untuk membawa keseimbangan antara pikiran dan tubuh melalui latihan postur fisik yang dikenal sebagai asana, latihan pernapasan, pemurnian tubuh melalui meditasi dan relaksasi mental serta fisik. Asana membantu dalam meningkatkan kekuatan fisik dan keseimbangan serta meningkatkan kesehatan fisik tubuh.
Itulah yang diyakini oleh orang-orang yang mempraktekannya, sedangkan pada kenyataannya hal tersebut bukanlah sebuah harga mati. Karena kesehatan baik secara fisik dan mental, adalah anugrah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

1 komentar:

  1. If you would like an alternative to randomly flirting with girls and trying to figure out the right thing to do...

    If you would prefer to have women hit on YOU, instead of spending your nights prowling around in crowded bars and restaurants...

    Then I urge you to play this eye-opening video to learn a amazing little secret that might get you your very own harem of beautiful women:

    FACEBOOK SEDUCTION SYSTEM...

    BalasHapus