Perbedaan Antara Modem dan Router

 Ketika anda berlangganan jasa penyedia layanan internet atau ISP(Internet Service Provider), biasanya anda akan menerima sebuah alat berbentuk kotak yang terhubung ke saluran telepon dan ke komputer anda. Alat tersebut berfungsi sebagai sebagai modem sekaligus router. Modem adalah perangkat yang bertugas untuk berhubungan dengan ISP melalui saluran telepon, sedangkan router adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan secara bersama-sama, dalam hal ini jaringan komputer dan
modem anda.

Pada dasarnya modem adalah perangkat mandiri yang dapat dihubungkan langsung ke komputer anda ataupun melalui router. Modem terhubung ke router melalui konektor RJ45 standar dan terhubung ke saluran telepon melalui konektor RJ11 kecil. Tugasnya hanya untuk menerjemahkan data dari satu protokol ke protokol yang lain karena saluran telepon dan jaringan komputer menggunakan menggunakan metode sinyal dan transmisi yang berlainan. Karena itu, data tidak akan disaring oleh modem dan sangat berpotensi terjadi ancaman atau malware yang akan mengganggu keamanan jaringan anda.

Router hanya menggunakan konektor RJ45 karena hanya terhubung ke jaringan komputer. Tugasnya adalah untuk memeriksa paket data dan menentukan rute paket data itu sendiri. Sesuai dengan namnya, router harus memilih rute data yang harus diambil. Firewall juga diterapkan pada router dalam rangka untuk menyaring potensi serangan atau ancaman yang mencoba untuk mengakses ke jaringan anda secara ilegal.

Jadi yang harus anda pahami adalah, modem sebagai sarana untuk terhubung ke internet, dan jika tidak ada modem, maka tidak akan ada internet. Sedangkan router tidak terlalu penting kedudukannya dalam keterhubungan komputer dengan internet. Tanpa router, sebuah komputer tetap masih bisa terhubung ke internet, misalnya dengan modem internal PCI. Tapi yang harus anda garis bawahi adalah, tugas utama dari sebuah router adalah untuk melindungi ansa dari kemungkinan berbagai ancaman keamanan dan malware. Hal ini sangatlah penting untuk mendukung kenyamanan kita dalam menggunakan internet.

Ringkasan:
  1. Sebuah router digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan, sementara modem hanya digunakan untuk menghubungkan ke saluran telepon
  2. Sebuah router hanya terhubung ke konektor RJ45 sedangkan modem memerlukan konektor RJ45 dan juga konektor RJ11 untuk terhubung ke saluran telepon
  3. Router bertugas untuk melindungi jaringan anda dan membantu mengamankannya dari berbagai ancaman dan malware, sedankan modem tidak dapat melakukan itu.
  4. Modem merupakan perangkat terpenting untuk dapat terhubung ke jaringan internet, sedangkan router tidak terlalu penting.

2 komentar:

  1. I have been using AVG security for a couple of years now, and I would recommend this solution to all you.

    BalasHapus