Perbedaan Antara Windows dan Linux

Windows dan Linux merupakan dua macam sistem operasi yang dikembangkan untuk melakukan berbagai macam operasi dengan memanfaatkan sumber daya komputer. Kedua sistem operasi tersebut memiliki sejumlah perbedaan dan juga memerlukan dukungan perangkat keras yang berbeda pula, agar setiap sistem operasi dapat berfungsi optimal. Perbedaan yang paling mencolok diantara keduanya adalah, windows merupakan sistem operasi kmersial, sedangkan linux adalah
sistem operasi terbuka yang dibagikan gratis.

Windows saat ini sudah menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Desain antarmuka yang sederhana, memungkinkan pengguna komputer pemula dapat dengan mudah mempelajarinya. Bahkan tanpa pengetahuan tentang pemrograman atau koding, anda sudah bisa menyelesaikan berbagai tugas menggunakan sistem operasi ini. Memang ada beberapa pengguna yang mengalami kendala mengenai stabilitas sistem operasi ini, tetapi karena kesamaan pengguna secara umum, system ini dapat memberikan kesesuaian, dan cukup stabil saat digunakan oleh orang awam. Sistem operasi windows dibuat dalam berbagai versi, untuk berbagai kalangan dengan bermacam kebutuhan.

Linux adalah sistem operasi opensource. Di kalangan penggunanya Linux dikenal lebih stabil daripada sistem windows. Beberapa administrator jaringan dan programer lebih memilih sistem linux dalam berbagai pekerjaannya. Meski begitu, jumlah pengguna sistem operasi ini lebih sedikit dibanding pengguna windows karena beberapa kendala. Sedikitnya jumlah software yang mendukung sistem operasi Linux adalah salah satu kendala utamanya. Meskipun hanya dengan sedikit pengetahuan tentang pemrograman, sudah cukup untuk bisa menjalankan software yang diperuntukkan bagi Windows  di sistem operasi Linux. Selain itu antarmuka Linux yang membutuhkan pengkodean dalam menjalankan program-programnya, menyulitkan bagi beberapa penggunasistem operasi ini.

Linux dan Windows memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan tetap saling bersaing dikalangan pengguna komputer. Windows yang terus berkutat membuat sebuah sistem operasi bagi pengguna awam yang tidak memiliki pengetahuan tentang komputer maupun pemrograman, dan lebih ditujukan untuk penggunaan dalam bidang bisnis  atau komersial. Di sisi lain Linux terus membuka kode sumber dalam sistemnya, agar setiap orang yang tertarik dapat mengembangkan dan meningkatkan kode pada Linux dan menggunakannya untuk mengerjakan berbagai pekerjaan. Hal tersebut menjadi daya tarik bagi kalangan programer untuk menggunakannya.

1 komentar: