Perbedaan Antara Samudera dan Laut

Kita dulu telah diajari di sekolah jika laut itu lebih kecil dari Samudera, dan sering kali laut merupakan bagian dari Samudera. Sebagian besar laut berlokasi dekat dengan daratan, atau bahkan dikelilingi oleh daratan, misalnya laut kaspia dan laut aral yang terkenal.
Samudra sangatlah luas jika dibandingkan dengan laut manapun. Laut terluas di dunia adalah laut Mediterania dengan luas total 1.144.800 mil persegi yang jauh lebih kecil dibanding dengan samudra  terkecil di dunia, samudra Arktik hanya memiliki
luas 5.427.000 mil persegi.

Di dunia ini terdapat lima samudra, yaitu Pasifik, Atlantik, Hindia, Antartika dan Arktik, sementara ada puluhan laut di seluruh dunia. Laut yang dekat dengan daratan biasanya lebih landai dari samudra dan mungkin karena itulah laut menjadi habitat bagi tumbuhan dan hewan untuk berkembang karena umumnya cahaya matahari dapat meneranginya. Pada laut yang sangat dalam, tidak banyak terdapat makhluk hidup, hanya makhluk seperti udang dan bakteri saja yang bisa hidup di laut dalam. Hal ini terjadi karena tidak ada cahaya yang dapat mencapai dasar laut dalam dan besarnya tekanan di laut dalam, sehingga proses kehamilan satu makhluk hidup tidak dapat terjadi disana. Misalnya kedalaman samudra Pasifik yang rata-rata 3.790 meter, sedangkan rata-rata kedalaman laut mediterania hanya mencapai 1429 meter saja.



 Secara budaya manusia lebih dekat dan lebih mudah mengenali laut daripada samudra, karena secara historis manusia tinggal berdampingan dengan laut. Seperti Mediterania, Aegea, atau laut Kaspia misalnya, semua memiliki jejak budaya dan sisebut di berbagai dongeng dan cerita rakyat setempat. Masyarakat di wilayah tersebut memiliki kuliner dan arsitektur tersendiri yang khas.

Ada lagi perbedaan lain antara laut dan samudra. Manusia dapat menyelam hingga dasar laut dengan menggunakan peralatan menyelam yang sederhana. Tapi untuk dapat menyelam ke dasar  samudra, kita harus menggunakan kapal khusus yang disebut bastikaf, karena kapal tersebut mampu tekanan yang luar biasa besar di dasar samudra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar