Perbedaan Antara Baking Soda dan Baking Powder

 Baik Baking soda ataupun baking Power, keduanya adalah jenis ragi yang sering kali digunakan dalam pembuatan kue, kedua zat tersebut berfungsi sebagai bahan untuk proses fermentasi adonan roti atau kue. Keduanya ditambahkan ke dalam adonan sebelum kue dimasak, dan menyebabkan adonan tersebut mengembang. Pada kenyataannya Banking Power memiliki kandungan Banking soda didalamnya, kedua zat ini sebenarnya
mempunyai perbedaan dalam penggunaannya.







Baking soda amerupakan natrium bikarbonat murni sedangkan baking powder memiliki kandungan sodium bikarbonat dan zat acidifying dan zat yang bersifat mengeringkan, misalnya krim, saus tartar atau pati. Saat anda menggunakan Banking soda bersama dengan air dan zat acidifying lainnya, misalnya yoghurt, coklat, buttermilk dan madu, hal tersebut akan  menghasilkan gelembung karbon dioksida dan menyebabkan ukuran kue mengembang saat dipanggang. Reaksi dari penambahan Banking soda segera dimulai begitu anda mencampurkannyaKetika Anda menambahkan baking soda reaksi dimulai segera setelah pencampuran ragi, oleh karena itu sebaiknya proses pemanggangan segera dilakukan setelah adonan jadi, agar ragi berfungsi dengan efektif. 

Terdapat dua macam Baking Power yang beredar di pasaran. Yang pertama adalah baking powder single-acting, yang bereaksi terhadap kelembaban, sehingga anda harus segera memanggang adonan, begitu anda selesai mencampurkan Banking Power. Yang kedua adalah adalah double-acting baking Power, jenis yang satu ini memiliki dua tahap proses pengembangan. Setelah terjadi percampuran bahan sebelum adonan dipanggang, dan saat peningkatan suhu dalam oven ketika proses pemanggangan dilakukan.

Kesimpulan
  • Baik baking soda ataupun baking powder digunakan sebagai zat untuk fermentasi adonan
  • Zat ini ditambahkan sebelum adonan dimasak agar adonan kue lebih mengembang.
  • Baking soda merupakan natrium bikarbonat murni, sedangkan baking powder hanya memiliki kandungan sodium bikarbonat  yang dicampur dengan zat lainnya.
  • Reaksi fermentasi Banking soda, terjadi segera setelah zat tersebut ditambahkan ke dalam adonan, oleh karenanya harus segera dilakukan proses pemanggangan adonan.
  • Sedangkan, pada baking powder reaksi yang dihasilkan terjadi setelah terjadi kenaikan suhu, yaitu saat proses pemanggangan kue dilakukan, bersalah dengan hal itu terjadilah proses pelepasan karbondioksida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar