Perbedaan Antara Televisi LCD dan LED

Televisi LCD


Televisi LCD adalah televisi layar datar yang memanfaatkan teknologi Liquid Crystal Display. Teknologi ini memadukan dua lapisan kaca yang terpolarisasi secara bersamaan. Cairan kristal yang tertahan pada salah satu lapisan. Jadi ada kristal-kristal cair yang melewatinya, atau menghadang laju cahaya, untuk menghasilkan gambar pada layar saat arus listrik melewatinya.

Namun, kristal tidaklah menghasilkan
cahaya sendiri. Cahaya datang dari serangkaian lampu neon di belakang layar. Ada jutaan jendela yang diatur dalam kotak, yang dapat membuka dan menutup untuk melepaskan dan menahan sebagian cahaya yang tidak diperlukan untuk membuat gambar. Kemudian masing-masing shutter dipasangkan dengan filter berwarna yang menghasilkan sub-pixel. yang sangat kecil, dan ketika mereka bertemu, mereka menciptakan satu piksel, yang menanmpakkan satu warna tunggal pada layar. Dengan bantuan lampu neon, gambar yang dibuat oleh kristal cair  akan nampak pada layar.
Televisi LCD menghasilkan kualitas gambar yang tinggi. Namun dapat dibuat sangat tipis, sehingga tidak banyak membutuhkan ruang yang besar.  Kita dapat menggantungnya di mana saja. Hal ini menjadi daya tarik yang utama bagi konsumen.

Televisi LED
LED TV sebenarnya tidak jauh berbeda dengan TV LCD. LED TV juga memiliki layar datar yang memanfaatkan teknologi Liquid Crystal Display. Satu-satunya perbedaan adalah sumber cahaya yang digunakan, yang berada di belakang layar. LCD TV menggunakan lampu neon, dan LED TV menggunakan LED (Light Emitting Dioda).
Ada dua jenis LED backlighting. Salah satu yang disebut sebagai pencahayaan Edge, dan yang lainnya disebut pencahayaan Full-Array. Dengan pencahayaan Edge, seri dioda diatur sepanjang tepi luar layar. Ketika ada listrik mengalir, cahaya didistribusikan di layar. Sedangkan, dalam pencahayaan Full-Array, ada dioda pada belakang permukaan layar secara keseluruhan. Jadi dalam LED kecerahan dan peredupan lebih mudah dikontrol, karena dioda dapat dihidupkan dan dimatikan secara independen.
LED TV adalah LCD TV dengan sistem backlight yang lebih modern. Backlight tersebut baru dikembangkan untuk LCD, karena Light Emitting Dioda konon dapat memberi lebih banyak keseimbangan dalam saturasi warna, dan menggunakan daya yang lebih rendah dari lampu neon. LED TV adalah versi terbaru, dan itu sebabnya saat ini harganya lebih mahal dari standar LCD TV.

Kesimpulan
LED TV masih termasuk LCD TV. Hanya saja ia dianggap sebagai versi TV LCD baru karena sistem backlight yang digunakan adalah sistem terbaru. LED TV menggunakan Light Emitting Dioda, sedangkan standar LCD TV menggunakan lampu neon. Meskipun keduanya masih menggunakan teknologi Liquid Crystal Display. Perbedaan utamanya terdapat pada bagian belakang layar, yang merupakan lampu latarnya.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar