Perbedaan Antara Krill dan Plankton




  Krill dan plankton adalah salah satu jenis organisme yang sangat penting karena menjadi awal dari rangkaian suatu rantai makanan di habitatnya asing-masing semisal di  perairan atau samudera, laut, danau kolam, All. Meskipun mempunyai kesamaan, kedua organisme terdebut juga memiliki perbedaan yang mungkin membingungkan bagi orang awam. Keberlangsungan dari kedua organisme ini juga bergantung pada kualitas air dan ketersediaan cahaya di habitatnya. Selain itu, variabel lain yang menentukan keberlangsungannya adalah ketersediaan unsur hara yang meliputi jumlah nitrat, fosfat dan silikat. Perbedaan yang paling mencolok antara dua organisme ini yaitu Krill adalah jenis crustacea kecil yang ditemukan di berbagai habitat air dan menjadi makanan bagi fitoplankton, sementara Plankton adalah satu kelompok yang terdiri dari beragam organisme kecil yang menjadi awal dari berbagai rantai makanan rantai makanan di habitat perairan.

Apa itu Krill?

Krill merupakan crustacea kecil yang tumbuh subur di perairan yang kaya akan nutrisi di berbagai belahan dunia. Krill termasuk dalam jenis zooplankton dan menjadi makanan utama bagi fitoplankton di sekitar permukaan air. Ada lebih dari 80 jenis spesies krill yang telah ditemukan sejauh ini. Krill dapat mudah ditemukan dan dikenali dalam insang di bawah rongga karapas, tepatnya pada dada lapisan tujuh dan delapan. Ada beberapa photophoresis, yang menghasilkan cahaya biru dan ditemukan di perut pleopods, dekat bagian mulut dan di bagian genital.
Krill merupakan makanan utama bagi berbagai jenis hewan laut seperti ikan paus, anjing laut, cumi-cumi, ikan, penguin, dan burung laut lainnya. Selain itu, beberapa spesies krill telah dipanen secara komersial dan digunakan sebagai bahan konsumsi manusia, Krill juga digunakan dalam Budidaya Perairan dan bahan pakan untuk ikan akuarium, dan digunakan pula dalam industri farmasi.

Apa itu Plankton?

Plankton adalah satu kelompok yang terdiri dari beragam organisme yang hidup di dalam perairan kaya nutrisi. Plankton menjadi awal rangkaian dari sebagian besar rantai makanan yang mempunyai habitat di perairan dan menjadikannya sumber makanan penting bagi banyak sekali hewan air. Sebagian besar organisme planktonik berukuran mikroskopis. Tetapi ada beberapa spesies yang bisa dilihat manusia dengan mata telanjang (misalnya: ubur-ubur, krill, dll). Kebanyakan jenis plankton tidak bisa berenang melawan arus air dan hanya mengapung begitu saja. Secara garis besar ada tiga jenis plankton; pertama fitoplankton, yang meliputi diatom, cyanobacteria, dinoflagellates dan coccolithophores, kedua zooplanktons termasuk krill, telur dan larva ikan, ketiga bacterioplankton termasuk bakteri dan archaea. Fitoplankton adalah jenis organisme produsen utama yang memproduksi makanan mereka sendiri dengan cara fotosintesis. Sedangkan bacterioplankton memainkan peran utama dalam remineralisasi materi organik di habitat perairan.

 


Apa perbedaan antara Krill dan Plankton?

  • Definisi Krill dan Plankton
Kril: Krill adalah crustacea kecil yang ditemukan di berbagai habitat air dan sumber makanan utama bagi fitoplankton

Plankton: Plankton adalah suatu kelompok dari berbagai organisme kecil yang menjadi awal dari sebagian besar rangkaian rantai makanan di habitat perairan.
  • Karakteristik Krill dan Plankton
Organisme

Krill: krill merupakan organisme tunggal.
Plankton: Plankton terdiri dari berbagai jenis organisme.
Jenis

Krill: krill adalah jenis zooplankton.
Plankton: Zooplankton adalah salah satu jenis plankton

Fotosintesis

Krill: krill tidak dapat menghasilkan makanan mereka sendiri dengan fotosintesis

Plankton: Plankton dapat menghasilkan makanan mereka sendiri dengan cara fotosintesis  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar