Perbedaan Antara Microwave dan Oven

 Tujuan dari penggunaan microwave dan oven memang sama, oleh karenanya banyak orang dibuat kebingungan dalam membedakannya satu sama lain. Microwave adalah alat elektronik dapur yang tujuannya untuk memanaskan makanan sedangkan oven adalah ruang termal terisolasi yang digunakan untuk pemanasan dan memanggang (baking) suatu zat (substansi). Berikut ini akan dijelaskan beberapa perbedaan utama antara microwave dan oven.

Apa itu Microwave?
Microwave adalah sebuah alat elektronik yang memanaskan makanan, dengan menggunakan radiasi elektromagnetik yang berupa spektrum microwave (gelombang mikro), dalam prosesnya microwave menggunakan pemanasan dielektrik yang menyebabkan molekul dalam satu makanan akan terpolarisasi kemudian memutar dan membangun energi panas yang pada akhirnya akan menghasilkan makanan yang mengalami pemanasan dengan efisien dan cepat. Dahulu yang menemukan microwave pertama kali adalah Percy Spencer, saat itu microwave masih disebut
"Radarange". Saat itu masih menggunakan teknologi yang sama seperti yang digunakan pada radar selama Perang Dunia II, saat pertama kali dijual pada tahun 1947. Namun kemudian, pada tahun 1967  sebuah oven microwave modern yang bisa diletakkan diatas meja diperkenalkan pertama kali oleh Amana Corporation.

Kegunaan utama Oven Microwave biasanya untuk memanaskan kembali satu makanan agar lebih hangat dan untuk memanaskan beberapa jenis makanan yang memerlukan pemanasan dalam suhu rendah namun stabil semisal mentega, coklat dan susu. Oven microwave tidak dapat digunakan dalam proses memasak profesional, karena rasa yang dihasilkan oven microwave tidak bisa menyamai rasa makanan yang ditumis, digoreng atau dipanggang


Apa itu Oven?
Oven merupakan sebuah ruang termal terisolasi yang digunakan untuk keperluan memanggang, pemanasan atau pengeringan, oven adalah salah satu peralatan yang paling banyak digunakan di dunia kuliner. Ada banyak jenis oven, misal yang terbuat dari batu kapur dan tungkunya digunakan untuk pengecoran logam atau pengeringan tembikar yang fungsinya sangat jauh berbeda dari saudaranya yang digunakan dalam dunia  kuliner.

Jika mau melihat sejarah oven, kita harus mundur kembali ke tahun 29.000 sebelum masehi ke satu tempat di Eropa Tengah tempat gajah purba atau mammoth dimasak dengan dipanggang dan matang dalam lubang tungku dalam tenda pra-sejarah. Ada banyak jenis oven yang diproduksi di dunia saat ini. Oven bumi adalah lubang galian kecil yang dipanaskan, dengan membuat api diatas lubang galian tersebut, cara ini sering digunakan untuk makanan yang proses memasakanya lambat dengan suhu tidak terlalu tinggi. Oven keramik dan oven dari batu bata, sering disebut sebagai tandoor oleh bangsa India dan digunakan untuk memasak daging dengan pematangan yang lambat dan juga untuk memanggang pizza. Oven gas yang lebih mudah dalam pemeliharaannya, banyak digunakan olehtiap  rumah tangga untuk semua jenis tujuan pemanggangan, baik kue maupun daging. Oven batu terbuat dari lapisan batu bata tahan api, batu, semen, batu dan sebagian besar menggunakan tanah liat, kayu, batu bara, dan gas alam. Alat ini banyak digunakan untuk memanggang roti dan pizza yang merupakan pilihan favorit dalam memasak di dunia seni kuliner.

Apa perbedaan antara Microwave dan Oven?

• Microwave memakai metode pemanasan dielektrik sedangkan oven menggunakan metode pemanasan isolasi termal.

• Sebuah oven mempunyai fungsi tambahan yaitu memanggang dan karena itulah oven sangat sering digunakan untuk membuat roti. Microwave lebih ditujukan untuk memanaskan makanan. Microwave tidak cocok untuk memasak makanan tertentu. Hal ini disebabkan karena microwave tidak menghasilkan efek kuliner yang dibutuhkan dalam memasak makanan tertentu.

• Microwave tersedia dalam berbagai ukuran baik yang portabel atau microwave meja, ringkas, dengan kapasitas menengah, kapasitas besar dan mudah digunakan. Sedangkan oven ukurannya cukup besar, lebih kuat konstruksinya tapi tidak ringkas.

Kesimpulan
Dapat disimpulkan kalau tugas utama microwave adalah memanaskan makanan, Sedangkan oven adalah alat multiguna yang memainkan peran penting dalam dunia kuliner.



3 komentar: