Perbedaan Antara Custard, puding dan Mousse

Pudding, custard, dan mousse adalah olahan susu berbentuk krim yang disajikan sebagai makanan penutup. Ketiganya mempunyai rasa yang lezat dan sama-sama membingungkan bagi mereka yang bukan penikmatnya. Jutaan orang salah menggunakan istilah tersebut saat mencari resepnya.  Artikel ini mencoba melihat lebih dekat sajian creamy ini dengan melih
at perbedaannya.






Puding

Puding adalah makanan penutup yang dibuat dengan cara memasak susu dan gula bersama-sama dengan tepung jagung atau tepung terigu hingga molekulnya saling mengikat. Hal ini menyebabkan pengentalan adonan dan menjadikannya olahan lembut lagi kental yang disajikan dingin dan rasanya lezat.

Custard
Custard adalah makanan penutup yang dianggap saudara jauh puding. Ini karena penggunaan tepung maizena sebagai bahan utama, custard menggunakan bahan susu dan telur yang dipanaskan bersamaan untuk membentuk campuran yang kental dan lembut. Setelah didinginkan, adonan ini akan membeku. Custards dikenal sebagai makanan penutup yang berkadar gula tinggi meskipun beberapa custard buatan rumah tidak mengandung gula tapi tetap menggunakan topping yang manis sebagai gantinya. Pada umumnya custard dipadukan dengan buah, seperti buah anggur, buah apel, dan buah pisang yang ditambahkan sebagai topping untuk membuatnya lebih beraroma.

Mousse
Mousse adalah makanan penutup yang sangat mirip dengan puding karena dibuat dengan adonan yang sama yaitu putih telur dan susu yang dikocok. Kemudian dipanaskan dengan susu lagi untuk membuat adonan yang kental dan lembut. Kadang-kadang, whippedcream digunakan sebagai pengganti putih telur. Jadi, jika Anda menambahkan whippedcream kedalam adonan puding, maka yang akan dihasilkan adalah mousse.



 

Perbedaan Custard, Pudding dan Mousse
Ketiga makanan tersebut,  yaitu custard, puding, dan mousse merupakan makanan penutup yang kental dan lembut. Rasanya lezat untuk dimakan dan disajikan dalam keadaan dingin. Sementara puding dibuat dengan mencampur susu dan gula bersamaan dengan tepung jagung atau tepung terigu, custard menggunakan telur sebagai pengikat adonan. Sedang dalam mousse, bahan tersebut diganti kocokan putih telur atau whippedcream, disamping penggunaan susu dan gula. Ada juga variasi rasa gurih dari tiga sajian kuliner ini tetapi ketiga masakan ini lebih populer disajikan dengan rasa manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar